Kombeli Gelar Pesta Adat Mata’ano Santa, Ini Kata Basiran

148
Ketgam : PJ Bupati Buton, Drs Basiran menghadiri pesta adat masyarakat Kombeli, Mata'ano Santa

SATULIS.COM, BUTON Pj. Bupati Buton, Drs. Basiran, M.Si mengimbau masyarakat Kombeli untuk tetap mempertahankan budaya seperti pesta adat sebagai tradisi turun temurun yang diwariskan para leluhur.

Hal itu dikatakan orang nomor satu di Buton itu ketika menghadiri pesta adat tahunan masyarakat kombeli, Mata’ano Santa yang digelar di pelataran Baruga Kombeli, Kelurahan Kombeli, Kecamatan Pasarwajo, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara, Sabtu malam, 10 September 2022.

“Ini sebuah budaya yang harus kita pertahankan secara terus menerus tanpa tergerus oleh zaman. Untuk itu kepada seluruh Tokoh Adat untuk mempertahankan ini sebagai warisan leluhur yang harus terus dilaksanakan setiap tahun. Karena ini salah satu bentuk kekayaan budaya yang dipertahankan. Kalau perlu kita daftarkan di Kementerian Hukum dan HAM sebagai warisan budaya non benda,” kata Pj. Bupati Buton.

- Advertisement -

Pj. Bupati Buton juga menyampaikan Kelurahan Kombeli memiliki penduduk begitu banyak sekitar 4.000 jiwa.

“Untuk itu, Pak Kabag Pemerintahan untuk mengkaji dan mengusulkan Kombeli untuk dimekarkan menjadi 2 kelurahan. Tentu saja ini butuh dukungan dan bantuan masyarakat,” kata Pj. Bupati Buton.

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Sultra, Muh. Ilyas Abibu, SE, MDM membacakan Sambuatan Gubernur Sultra, menyambut baik dan mengapresiasi pelaksanaan pesta adat masyarakat Kombeli.

“Acara ini sejalan dengan visi dan misi pemerintah Provinsi Sultra dalam konteks pembangunan Sultra tentang pelestarian nilai-nilai budaya,” kata Gubernur Sultra Ali Mazi yang disampaikan oleh Ilyas Abibu, mantan Sekda Wakatobi.

Gubernur Sultra berharap agar Pemerintah dan masyarakat Buton untuk lebih giat mempromosikan keragaman budaya dan adat istiadat masyarakat Buton pada dunia luar. Sebab pesta adat seperti ini merupakan salah satu potensi pariwisata yang dapat menjadikan lokomotif pembangunan daerah.

Baca Juga :  Diduga Provokator Keributan, Dua Anggota TNI di Periksa. Pangdam : Kita Tidak Akan Tolerir

Kapolres Buton, AKBP Rudy Silaen S.H, S.IK., M.Si pada kesempatan itu mengatakan perbedaan dan keragaman dalam masyarakat  tidak terlepas dari adat.

“Adat selalu membawa kebaikan. Tokoh-tokoh adat adalah panutan dalam masyarakat sehingga patut untuk dicontoh. Untuk itu mari kita jadikan adat untuk menjaga keamanan dan ketertiban dalam masyarakat,” katanya.

Pada kesempatan itu Pj. Bupati Buton menyerahkan pengalihan pengelolaan Aset Pemkab Buton dari Sekertriat Daerah kepada Pemerintah Kelurahan Kombeli Kec Pasarwajo untuk digunakan sebagai fasilitas umum oleh masyarakat Kombeli. (Adm)

Komentar