Serahkan 4 Unit Mobil Ambulance, Haliana : Ini Bukan Randis Kapus

69
Ketgam: PJ Sekda Kamaruddin saat menyerahkan kunci mobil ambulance, disaksikan oleh Bupati Wakatobi H Haliana SE, wakil Bupati Wakatobi Ilmiati Daut dan kadis Kesehatan Muliadin. Foto : Arjuno/ SATULIS.COM

SATULIS.COM, WAKATOBI – Bupati Wakatobi, Haliana menyerahkan bantuan 4 unit mobil ambulance jenis Toyota Innova kepada 4 kepala Puskesmas di halaman kantor Bupati Wakatobi, Senin (19/9/2022).

Empat mobil ambulance tersebut, 3 antaranya distribusi ke Katobi (Kaledupa,Tomia, dan Binongko) masing-masing mendapat 1 unit ambulance.

- Advertisement -

Haliana dalam sambutannya menyatakan bahwa ke empat mobil tersebut untuk menunjang program merdeka sehat yang sampai hari ini belum juga di launching. Pasalnya di Kaledupa, Tomia dan Binongko belum ada mobil ambulance yang layak, dan salah satu tujuan adalah untuk menyempurnakan pelayanan kepada masyarakat.

“Ini akan menambah armada ambulance kita, sekali lagi ini bukan untuk mobil dinasnya Kapus, tapi ini adalah mobil dinasnya masyarakat yang sakit dan membutuhkan. Sekali lagi ini bukan mobil dinas yang bisa dibawah ke taman-taman dan ke tempat-tempat rekreasi,” ungkapnya.

Adanya ambulance akan menunjang tujuan Pemda agar masyarakat tidak lagi mengeluhkan transportasi dari rumah ke puskesmas, sehingga mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan pertolongan lebih cepat tanpa mengeluarkan biaya.

“Kita harapkan pelayanan kesehatan lebih maksimal menyentuh lapisan masyarakat sehingga masyarakat tidak lagi direpotkan dengan hal-hal kecil khusunya transportasi. Ini sebagai dari merdeka sehat yang kita canangkan untuk memberikan pelayanan kesehatan disamping menggratiskan biaya pengobatan masyarakat,” ungkap.

Lebih lanjut, Politisi PDIP tersebut meyakinkan masyarakat untuk tidak takut berobat di rumah sakit umum daerah (RSUD) atau puskesmas, karena pada tahun 2022 pemerintah daerah telah mengalokasikan anggaran lebih dari Rp 23 miliar untuk BPJS.

“Saya mendengarkan laporan dari Dinas kesehatan, beliau mengatakan kepada saya bahwa sudah 92 persen kurang lebih yang terkaver asuransi BPJS dari dana yang kita alokasikan. Seharusnya tidak ada lagi masyarakat yang tidak mendapatkan pelayanan,” paparnya.

Baca Juga :  Psangan HATI Resmi Tantang HALO di Pilkada Wakatobi

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) kabupaten Wakatobi, Muliadin menjelaskan anggaran pengadaan mobil ambulance tersebut berasal dari APBD Kabupaten Wakatobi, sumber dana dari Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang kesehatan tahun 2022 yang termuat dalam pelaksanaan anggaran Dinas kesehatan, sesuai dengan program prioritas Bupati dan Wakil Bupati, pemerintah Kabupaten Wakatobi di bidang kesehatan adalah merdeka sehat.

“Kontaknya sementara ini ada di masing-masing puskesmas terutama UPTD ada ambulans juga untuk mendukung merdeka sehat, dan kontaknya itu bisa langsung ke kepala puskesmas dan mereka juga sudah berkoordinasi dengan para lurah serta para kepala Desa untuk nomor kontak tersebut. Sehingga lurah/kepala desa bisa sampaikan ke masyarakatnya,” singkatnya. (Adm)

Penulis: Arjuno

Komentar
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry