Angin Puling Beliung Terjang Desa Ollo, Puluhan Rumah Warga Rusak

187
Ketgam: Penampakan rumah warga pasca di terjang angin puting beliung pada Selasa (11/10/2022). Foto : Istimewa

SATULIS.COM, WAKATOBI Angin puting beliung menerjang kurang lebih 24 rumah warga di desa Ollo, Kecamatan Kaledupa, Kabupaten Wakatobi. Peristiwa tersebut terjadi pada Selasa (11/10/2022) setelah hujan yang di sertai angin kencang.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Wakatobi, Muhamad Yusuf  mengatakan, berdasarkan informasi dari camat Kaledupa sekira 24 rumah warga yang rusak akibat diterjang angin puting beliung. Untuk tingkat kerusakannya bervariasi, mulai dari rusak ringan sampai rusak sedang.

“Jadi kejadian ini dari perwakilan BPBD telah melakukan ferivikasi sejak kejadian. Kebetulan ada staf BPBD yang ada di kaledupa. Pagi tadi juga kami telah berangkatkan 2 kepala bidang yakni kepala bidang kesiapsiagaan dengan dengan rekontruksi,” ungkapnya, Rabu (12/10/2022).

- Advertisement -

Selain menerjang desa Ollo, lanjut Muh Yusuf berdasarkan informasi angin puting beliung juga menerjang  satu rumah di desa Matahora.

“Sudah ada di periksa juga yakni di desa Matahora Kecamatan wangi-wangi Selatan, ada satu rumah yang terkena angin puting beliung,” paparnya.

Nantinya pihaknya akan menyalurkan bantuan stimulus berupa bantuan kemanusiaan yang di sesuaikan dengan kemampuan daerah. Disamping itu juga pihaknya akan menyerahkan bantuan pasca bencana dalam hal ini berupa bahan-bahan bangunan dan sumber anggaranya dari APBD melalui permintaan belanja langsung.

Lebih lanjut ia meminta seluruh masyarakat Wakatobi agar enantiasa waspada dengan kejadian – kejadian yang tidak terduga dalam rangka menghadapi cuaca-cuaca ekstrim yang sedang terjadi  sampai bulan dua kedepan. (Adm)

Penulis: Arjuno
Editor : Gunardih Eshaya

Komentar
Baca Juga :  Lantik Sekda Definitif, Begini Pesan Bupati Wakatobi