Hari Nusantara 2022 Di Gelar di Wakatobi, TNI-AL Lakukan Survei

591
Ketgam :suasana tim survei TNI AL Saat melakukan pemantauan lapangan. Foto: Arjuno/SATULIS.COM

SATULIS.COM, WAKATOBI Jika tidak ada aral melintang, Kabupaten Wakatobi akan menjadi tuan rumah pelaksanaan hari Nusantara tahun 2022.

Hal itu ditandai dengan turunnya tim survei, khususnya gabungan dari markas besar (Mabes) Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut ( TNI AL), yang di pimpin Koarmada II Kolonel laut (P) Sumarji Bimoaji sebagai komandan satuan tugas untuk pelaksanaan hari Nusantara tahun 2022 yang di rencanakan akan di laksanakan pada tanggal 13 Desember 2022.

“Jadi tadi kita sudah melakukan survei awal pada dua titik di sekitar pelabuhan Panggulu belo, juga termaksud Marina. Nantinya lokasi tersebut akan menjadi posisi utama podium pejabat maupun instansi,” ujar kolonel laut (P) Sumarji Bimoaji, saat di temui, kamis (14/10/2022).

- Advertisement -

Lebih lanjut Kolonel S. Bimoaji, menjelaskan, dalam rangkaian kegiatan hari Nusantara, pihaknya akan menampilkan beberapa atraksi paling utama, yakni seiling pass dari beberapa Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) yang akan di datangkan di Wakatobi untuk melaksanakan parade melintasi podium penjabat untuk bermanuver.

Kemudian nanti akan ada tim terjun payung dari tim komando pasukan katak (Kopaska) TNI AL dalam hal ini nanti dari armada II  Surabaya yang akan melaksanakan terjun payung dan juga nanti akan melibatkan nelayan setempat yang mengikuti konvoi KRI.

“Beberapa spot atau daerah yang kita survei saat ini cukup memenuhi syarat, baik itu seperti yang saya sampaikan KRI untuk melakukan seiling pass kemudian dari Satuan Komando Pasukan Katak (Satkopaska) juga pengecekan situasi lending son untuk penerjun cukup memadai juga,” ungkapnya.

Selain melakukan survei awal di pelabuhan Panggulu dan Marina, pihak TNI AL juga melakukan pengecekan di beberapa titik lain untuk mengecek kesiapan maupun kemungkinan area, lokasi yang bisa digunakan untuk pelayanan kesehatan maupun bakti sosial serta survei dari dinas maritim angkatan laut  untuk tempat penanaman mangrove, termaksud dengan rencana pelepasan tukik.

Baca Juga :  Pemda dan BTNW Rehabilitasi Mangrove Di Pulau Kaledupa

“Sehingga harapan kami dalam melaporkan ke pimpinan angkatan laut ini sudah mendapatkan data komperhensif dan juga akan ada peninjuan selanjutnya atau survei lanjut yang nantinya kami akan menghadirkan KRI di area manuver,” paparnya.

“Survei kedua ini kita akan lakukan di bulan November. Jadi harapan kami sebelum hari H pelaksanaan di bulan Desember tersebut, kita ada cukup waktu untuk menyakinkan kembali baik itu situasi cuaca di sini kemudian data-data terbaru untuk lokasi pelaksanaan kegiatan hari Nusantara,” lanjut.

Di kesempatan itu juga, S. Bimoaji mengatakan bahwa dalam pelaksanaan kegiatan hari Nusantara tahun 2022 pihak TNI AL juga akan mengundang bapak presiden RI Joko Widodo, Menteri bahkan penjabat tinggi lainnya dan juga dari TNI- Polri untuk hadir menyaksikan kegiatan hari Nusantara. (Adm)

Penulis : Arjuno

Komentar