Hadiri Wakatobi Wave 2022, Kurleni Ukar Kagum Akan Budaya Maritim Wakatobi

91
Ketgam : Bupati Wakatobi H Haliana, bersama para tamu undangan. Foto: Arjuno/ SATULIS.COM

SATULIS.COM, WAKATOBI Staf ahli Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (RI) bidang Reformasi Birokrasi dan Regulasi, Kurleni Ukar kagum dengan pelaksanaan Wakatobi Wonderful Festival and Expo (Wave) 2022.

Kekaguman Kurleni Ukar tersebut di ungkapkan saat mengikuti pembukaan Wave 2022 yang digelar di Marina Togo mowondu, Kecamatan Wangiwangi. Sabtu (12/11/2022).

“Wakatobi luar biasa keragaman budaya maritimnya. Wakatobi juga sebetulnya sudah dikenal dunia dan itu harus dipertahankan,” ujarnya saat membacakan sambutan.

- Advertisement -

Menurutnya, potensi Wakatobi harus dijaga dan dikembangkan untuk menghadirkan pengalaman unik dan kenangan indah bagi para wisatawan yang berkunjung. Sehingga, memerlukan tanggung jawab besar dalam menjaga, agar pariwisata berkualitas, berkelanjutan dan menciptakan kesejahteraan, khususnya bagi pelaku parekraf.

“Perlu adanya kolaborasi dengan menggali semua potensi Wakatobi secara tepat manfaat, tepat sasaran dan tepat waktu (3T). Kementerian berharap melalui kegiatan ini dapat memberikan multiplayer efek yang nyata, melibatkan banyak pelaku parekraf sehingga dapat membuka lapangan kerja seluas-luasnya, dan meningkatkan ekonomi Provinsi Sultra, khususnya Kabupaten Wakatobi,” tuturnya.

Sementara itu, bupati Wakatobi, Haliana mengatakan, anugerah keberagaman yang ada harus dapat ditransformasi menjadi pengganda kekuatan dalam mewujudkan visi daerah, serta memperkuat daya saing destinasi pariwisata Wakatobi, yang telah mempunyai posisi strategis sebagai bagian dari 10 destinasi pariwisata prioritas nasional dan juga sebagai Kabupaten kreatif Indonesia.

“Kita patut bersyukur saat ini Kabupaten Wakatobimemiliki satu event berskala nasional yang menjadi kebanggan. Untuk kedua kalinya sejak tahun 2021,festival Wakatobi Wave ditetapkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (RI) masuk dalam Kalender Even Nasional yang dikenal dengan Kharisma Event Nusantara (KEN),” ujarnya.

Lanjutnya, pelaksanaan Wakatobi wave 2022 merupakan cerminan keaneka ragaman budaya Wakatobi, industri kreatif dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) lokal, serta semangat yang terus mengalir, untuk memajukan citra positif pariwisata daerah.

Baca Juga :  Haliana Ingatkan Pelaku Pelra Jaga Kebersihan Laut dari Sampah

“Dukungan dan antusiasme dari segenap elemen masyarakat Wakatobi yang begitu besar, untuk menyukseskan Wakatobi Wave tahun ini merupakan wujud kecintaan, terhadap kebudayaan daerah dan kekayaan alam Wakatobi sebagai identitas dan kebanggaan bersama,” ungkapnya. (Adm)

Penulis: Arjuno
Editor : Gunardih Eshaya

Komentar
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry