Porprov Sultra XIV, Basiran Buka Pertandingan Cabor Bola Tangan

89
Ketgam : Pj Bupati Buton, Drs Basiran menyapa para atlet Bola Tangan yang akan bertanding pada porprov Sultra XIV

SATULIS.COM, BUTON – Pj. Bupati Buton, Drs. Basiran, M.Si membuka dengan resmi pertandingan Cabang Olahraga Bola Tangan Porprov Sultra XIV Tahun 2022 di Venue Lapangan Pasarwajo, Senin pagi 28 November 2022.

Dihadapan para peserta, orang nomor satu di bumi penghasil aspal mengucapkan selamat dan semangat bertanding bagi seluruh peserta Cabor Bola Tangan semoga dapat mencetak prestasi terbaik.

“Dengan pertama kalinya dipertandingan Cabor Bola Tangan pada Porprov XIV di Buton kali ini, Kabupaten Buton tentu berbangga dapat mencetak sejarah untuk perkembangan olahraga Bola Tangan di Sulawesi Tenggara. Karena ini cabang olahraga yang terbilang masih baru,” tutur mantan Asisten I Setda Sultra.

- Advertisement -

Namun demikian, menurutnya dengan fasilitas lapangan yang digunakan saat ini yang terletak di Lapangan Pasarwajo, menjadi PR Pemda dan KONI Buton agar ke depannya dapat membangun lapangan Bola Tangan yang representatif sesuai dengan ukuran yang telah ditentukan.

“Saya berterima kasih yang sebesar-besarnya kepada pengurus cabang olahraga bola tangan Prov Sultra yang telah berupaya maksimal sehingga pertandingan Bola Tangan ini bisa dilaksanakan pada Pekan Olahraha Provinsi XIV. Seperti yang disampaikan tadi bahwasanya baru terbentuk Tahun 2014, seharusnya pada Porprov tahun 2018 di Kolaka sudah harus dipertandingkan, tapi memang menunggu Buton untuk memecahkan sejarah tersebut,” pungkas Pj. Bupati.

Di tempat yang sama, Ketua Umum Asosiasi Bola Tangan Indonesia (ABTI), Sri Halinarti mengatakan tidak menyangka Pj. Bupati Buton dapat berkesempatan membuka pertandingan Cabor Bola Tangan. Untuk itu, Sri Halinarti mengungkapkan apresiasinya kepada pimpinan daerah Buton tersebut.

Lebih lanjut, Ketum ABTI mengatakan peserta lomba pada Porprov XIV Sultra tahun 2022 ini berasal dari enam Kabupaten/Kota yaitu Kota Kendari, Konsel, Wakatobi, Muna, Kota Baubau dan Buton.

Baca Juga :  Pj Bupati Buton Tegaskan Keberadaannya di Jakarta Terkait Laporan Kinerja

Dikatakannya, yang dipertandingan pada cabor Bola Tangan ini ada dua sebenarnya indoor putra-putri. Namun dipertandingkan secara outdoor menyesuaikan kesediaan lapangan. Rata-rata semua yang ikut anak SMA.

“Walaupun baru pertama kali digelar di Buton namun atlet bola tangan yang berasal dari Buton sudah ada yang atlet nasional. Kami sebenarnya mengikuti kejuaraan nasional sudah beberapa kali. Eksebisi Pra PON pertama kali sekaligus Kejurnas di Kalimantan Timur, Sultra juara III Umum bahkan kita jadi tim terbaik dari Kemenpora. Sesudah itu Kejurnas. Atlet dari Muna Barat bahkan sudah mengikuti Asian Women Handball di Malaysia,” pungkas Technical Delegate Porprov. Sultra XIV.

Buton itu, lanjut Sri Halinarti ada namanya Vonny salah satu tim terbaik kita, terakhir di Pra PON 2019 Jawa Tengah. Ada juga Irfan atlet kita juga, asli Buton. Bukan nanti Porprov, tapi mereka sudah ada nama di Nasional, anak-anak itu sudah jadi pemain terbaik.

Untuk itu, Ketum ABTI Sultra ini berharap kedepan Cabor Bola Tangan mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Daerah agar olahraga Bola Tangan lebih berkembang lagi dan mencetak atlet-atlet berprestasi. (adm)

Komentar