Sabtu, Oktober 26, 2024

Jelang Ramadhan, TPID Sultra dan Baubau Tinjau Ketersediaan Bahan Pokok dan Pangan

SATULIS.COM, BAUBAU – Menjelang bulan puasa 1444 H Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Sulawesi Tenggara (Sultra) yang dipimpin langsung oleh Wakil Ketua TPID Provinsi Sultra, Dra Hj Yuni Nurmalawati, M.Si dan jajarannya bersama TPID Kota Baubau yang dipimpin langsung ketua harian TPID Kota Baubau yang juga Plh Sekda Kota Baubau, Drs MZ Tamsil Tamim, M.Si bersama jajarannya meninjau beberapa pasar yakni pasar Wameo, Gudan Bulog dan pasar modern Hypermart di Kawasan lipo plasa Buton Selasa (21/3/2023).

Wakil Ketua TPID Sultra Dra Hj Yuni Nurmawati, M.Si kepada sejumlah media mengatakan, pihaknya bersama TPID Provinsi Sultra dalam hal ada Kadis Perindag Sultra, Biro Ekonomi yang juga Sekretaris TPID, Ketahanan Pangan, Statistik, Divre Bulog dan juga ketua harian TPID Kota Baubau dalam hal ini Plh Sekda Kota Baubau Drs MZ Tamsil Tamim, M.Si dan jajarannya sengaja datang ke Baubau untuk melihat ketersediaan bahan pokok dan pangan serta kestabilan harga saat memasuki bulan suci Ramdhan 1444 H. Hal ini juga merupakan salah satu tugas pokok dari TPID.

Menurut Yuni Nurmalawati, berdasarkan pemantauan di beberapa pasar yakni pasar Wameo, Gudang Bulog Baubau, dan pasar modern Hypermart disimpulkan kondisi pasar setelah terpantau semua tersedia dan aman. Kemudian untuk harga masih relatif stabil. Sehingga diakui memang tidak ada gejolak. Kalau pun beras ada kenaikan, itu karena memang seperti di Bulog ada sedikit kenaikan dari HET-nya tapi secara umum aman dan terkendali.

Namun demikian, Asisten II Setda Pemprov Sultra ini berharap agar pedagang itu jangan munculkan spekulan memanfaatkan moment lantas tiba-tiba menaikan secara subtektivitas harganya.

“Kalau memang mereka membeli dengan harga standar agar dijual juga dengan harga standar. Apalagi, menghadapi bulan Ramadhan ini. Kemudian juga kami berusaha untuk tidak ada upaya spekulan untuk menimbun barang. Lalu juga masyarakat dengan adanya semua terjaga masyarakat tidak usah panik santai saja biasa saja tidak usah kemudian borong ramai-ramai minyak atau yang lainnya. Karena semua Insya Allah aman begitu pun di Bulog sampai 3 bulan ke depan,” ujarnya.

Baca Juga :  AKBP Zainal Rio Chandra Tangkari Resmi Jabat Kapolres Baubau

Hal senada juga diungkapkan Plh Sekda Kota Baubau yang juga ketua harian TPID Kota Baubau Drs MZ Tamsil Tamim, M.Si dimana harga-harga di Baubau masih terpantau relatif aman terkendali dimana pedagang dan juga masyarakat yang membeli relatif terjangkau karena memang harga stabil.

Hanya saja, masyarakat diminta jangan ada kepanikan karena memamg TPID Kota Baubau akan selalu melakukan pemantauan. Sebab kadang-kadang masyarakat juga terpengaruh dengan isu di medsos yang menyampaikan stok barang disuatu tempat kurang. Padahal itu, hanya satu sisi dari Kota Baubau ini sementara Kota Baubau ini luas tersebar ada pasar, supermarket dan yang lainnya yang akan menyiapkan stok pangan yang cukup. (adm)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

IKLAN

Latest Articles