Monianse Harap Kepala OPD Tuntaskan Visi Misi Tampil Manis

42

SATULIS.COM, BAUBAU – Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse saat pengambilan sumpah jabatan pegawai negeri sipil dalam jabatan pimpinan tinggi pratama lingkup Pemkot Baubau, bertempat di aula kantor Wali Kota Baubau, Rabu (5/4/2023), berharap kepada para pengemban jabatan pimpnan tinggi pratama atau kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar dapat menuntaskan visi dan misi Tampil Manis dengan orientasi mewujudkan Baubau yang sejahtera.

Untuk itu, segera melakukan konsolidasi internal, dan optimalkan berbagai sumber daya yang dimiliki pada OPD masing-masing. Kemudian menyatukan langkah, bersinergi dan berkolaborasi untuk keberlanjutan dan kesinambungan tugas pemerintahan, pelayanan dan pembangunan.

Sementara itu, terkait masalah rotasi, Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse mengakui, rotasi/mutasi yang dilakukan kali ini merupakan rangkaian kegiatan uji kompetensi yang telah dilakukan beberapa waktu lalu, dengan mempertimbangkan berbagai aspek, melibatkan unsur eksternal berdasarkan undangan pada yang independen, peraturan berlaku. Hal serta perundang-undangan tersebut dikandung maksud untuk memberikan bahan pertimbangan kepegawaian yang objektif dan terukur.

- Advertisement -

Terlebih lagi, hasil uji kompetensi tersebut telah memperoleh rekomendasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Sehingga dengan demikian, kebijakan rotasi/mutasi ini harus dipandang sebagai suatu keniscayaan dalam roda pemerintahan.

Ketgam : Pengambilan Sumpah Jabtan Tinggi Pratama Lingkup Pemkot Baubau

Di sisi lain, momen pelantikan kali ini juga bernilai strategis dalam rangka pembenahan birokrasi, yang harus dimaknai dalam sudut kepentingan organisasi yakni sebagai penyegaran dan pengalaman dan tantangan baru, serta media kaderisasi dan regenerasi estafet kepemimpinan, khususnya kepada yang akan mengemban tugas dan amanah baru.

Bagi yang tetap, ini merupakan kesempatan untuk meningkatkan kinerja. jika kinerjanya telah baik selama ini, maka dipertahankan bahkan tingkatkan. Namun, jika belum, maka ini menjadi kesempatan untuk memperbaiki hal-hal yang kurang.

Baca Juga :  Uji Kompetensi Pejabat Tinggi Pratama, Pemkot Baubau Libatkan Akademisi

Orang nomor satu di Kota Baubau ini menegaskan sekaligus mengingatkan, berdasarkan undang-Undang Pilkada, pihaknya masih memiliki kewenangan untuk melakukan pengangkatan, pemberhentian maupun pemindahan dalam jabatan sampai dengan akhir masa jabatan. Hal ini karena, ketentuan larangan bagi kepala daerah untuk melakukan penggantian pejabat adalah terhitung sejak 6 (enam) bulan sebelum tanggal penetapan pasangan calon kepala daerah.

“Silahkan baca pasal 71 ayat (2) Undang- Undang nomor 10 tahun 2016. bunyi pasalnya sangat jelas, sejelas mengatakan siang saat matahari bersinar terang. Namun tidak perlu risau dengan hal tersebut, karena pada prinsipnya, selama kita masih diberi kepercayaan, maka berikanlah yang terbaik dalam rangka menjalankan amanah, sehingga dengan niat dan itikad baik tersebut, apa yang kita kerjakan dapat bernilai ibadah. saya tentunya akan senantiasa melakukan evaluasi secara objektif dengan pertimbangan multi dimensi,,”tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse, menyampaikan kepada seluruh pimpinan tinggi pratama atau kepala OPD lingkup Pemkot Baubau untuk senantiasa mencermati perkembangan penyelengaraan pemerintahan dan dinamika sosial kemasyarakatan.

Sebagai seorang pemimpin, harus memiliki kepekaaan, mau mendengarkan, mengamati fenomena yang sedang terjadi dan tanggap dalam melaksanakan tugas. Untuk itu, harus selalu menjaga loyalitas, integritas, dan profesionalisme, serta jiwa melayani (hospitality).Jadilah seorang pemimpin yang menjadi figur teladan, mengayomi, menyatukan, dan memberdayakan.

Selayaknya puzzle, bekerja dalam organisasi memerlukan kepingan- kepingan kontribusi dari setiap anggotanya. Gambar puzzle yang utuh merupakan hasil akhir, yang awalnya berasal dari kepingan yang terpisah-pisah.

Disamping itu, sebagai seorang pamong merupakan penggerak utama (prime mover) pembangunan Kota Baubau. Karenanya, pejabat pimpinan tinggi harus aktif mencari solusi mengembangkan inovasi dan membangun connectability -sinergi lintas sektor serta senantiasa membangun jaringan yang luas dengan khususnya berbagai pemangku dalam menyiasati sumber daya yang ada. (Adm)

Komentar