Sabtu, Oktober 26, 2024

Wali Kota Arahkan SDM Pemkot Permudah Akses Pelayanan

SATULIS.COM, BAUBAU – Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse saat upacara pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan guru yang diberi tugas tambahan sebagai kepala sekolah serta fungsional tenaga Kesehatan yang diberi tugas tambahan sebagai kepala UPTD Puskesmas, lingkup Pemkot Baubau, Jumat (15/9/2023) mengungkapkan dalam hal penyelenggaraan dan pengembangan Puskesmas dan Sekolah, tidak boleh berorientasi pada pembangunan fisik, tetapi bagaimana membangun Pengelolaan yang efektif dalam rangka penguatan pelayanan yang mampu menjangkau lapisan masyarakat secara merata.

Karenanya, berbagai Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki agar diarahkan untuk mempermudah akses layanan yang dibutuhkan sehingga dapat memberikan pelayanan yang prima, cepat dan berkualitas, dengan menempatkan masyarakat selayaknya mitra kerja.

Menurut orang nomor satu di Kota Baubau ini, sektor pendidikan dan sektor kesehatan merupakan dua sektor penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Sehingga terkait dengan konsep pembangunan seutuhnya, maka pembangunan bangsa yang unggul, sangat terkait dengan peningkatan kualitas pendidikan dan kesehatan masyarakatnya.

Lebih lanjut dikatakan, secara khusus kepada para kepala sekolah Taman Kanak Kanak (TK) yang baru saja dilantik, pendidikan TK merupakan bentuk pendidikan pra sekolah sebagai persiapan peserta didik untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan pendidikan formal.

Namun, harus diingat bahwa TK sebagai wadah pendidikan pra sekolah pada hakekatnya adalah tempat siswa bermain sambil belajar atau belajar sambal bermain. Bukan sebagai usaha percepatan pengajaran bahan sekolah dasar.

Sedangkan, untuk pejabat fungsional tenaga kesehatan yang diberi tugas tambahan sebagai kepala Puskesmas, pihaknya menekankan bahwa salah satu prinsip penyelenggaraan Puskesmas adalah prinsip pertanggungjawaban wilayah, sehingga dalam menyelenggarakan pembangunan kesehatan yang menjadi kewenangannya, kepala Puskesmas harus melakukan koordinasi dengan berbagai sektor terkait yang ada di tingkat kecamatan, yakni aparatur kecamatan, masyarakat, dan dengan lintas sektor lainnya, termasuk dunia usaha.

Baca Juga :  KPK Tegaskan Penyerahan Aset Buton Harus Tuntas Sebulan

“Kita baru saja menyaksikan pelantikan dan pengambilan sumpah kepala sekolah taman kanak-kanak dan kepala puskesmas lingkup Pemkot Baubau. Pelantikan kepala sekolah TK hari ini, merupakan tuntutan dinamika pertumbuhan sekolah TK, termasuk perubahan status beberapa TK yang dikelola oleh masyarakat menjadi TK negeri,” katanya.

Di sisi lain, pelantikan kepala puskesmas menggenapi 2 (dua) kapus sebelumnya, yang dilakukan dalam rangka memenuhi ketentuan peraturan perundang-undangan. Dimana berdasarkan regulasi terbaru, saat ini, puskesmas merupakan organisasi yang bersifat fungsional. Struktural dimana sebelumnya karenanya, harus bersifat dilakukan penyesuaian dalam struktur organisasinya.

“Jabatan kepala puskesmas merupakan suatu tugas tambahan yang diberikan kepada fungsional tenaga kesehatan yang memenuhi syarat, -utamanya, fungsional kesehatan ahli utama, dan tentunya dipandang mampu serta cakap untuk me-manaje penyelenggaraan urusan kesehatan yang menjadi kewenangannya,” ungkapnya. (Adm)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

IKLAN

Latest Articles