Sabtu, Oktober 26, 2024

Baubau Punya Kekuatan Industri Jika di Kelola Dengan Baik

SATULIS.COM, BAUBAU – Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse saat kegiatan pelatihan keterampilan membuat Handycraft dengan memanfaatkan limbah kain perca di hotel mira, Rabu (20/9/2023) mengungkapkan, Kota Baubau adalah Kota yang ditakdirkan menjadi daerah pelayan buat Kabupaten Kota di sekitarnya untuk melayani dinamika penduduk.

Kota Baubau tidak punya potensi tambang yang menggiurkan, tidak memikiki potensi lain, tapi satu hal yang kadang-kadang disadari bahwa Baubau sebenarnya punya kekuatan industri yang apabila dikelola dengan baik akan memicu pertumbuhan ekonomi yang maju yaitu industri kreatif.

Menurut orang nomor satu di Kota Baubau ini, bicara soal industri, kadang-kadang di bena selalu berpikir bahwa industri itu harus ada cerobong asap keluar, ada gedung tinggi dan aktifitas yang begitu padat. Satu hal yang tidak pernah terpikirkan bahwa kekuatan industri kreatif di Kota Baubau ini cukup kuat.

Dimana diketahui bahwa industri kreatif itu adalah industri yang menitikberatkan pada talenta, kreatifitas dan itu dimiliki oleh banyak masyarakat di Kota Baubau.

“Ini yang perlu kita gali dan tumbuhkan. kami dari Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau tentunya akan terus menstimulan ini supaya industri kreatif ini bisa tumbuh. Berdasarkan data, industri kreatif dalam kontribusi pada PDRB itu 7-8% secara nasional. Ini kekuatan yang cukup besar. Dan itu pasti rata-rata ada disetiap daerah. Cuma kita mungkin belum terlalu memanfaatkan potensi ini,” ujarnya.

Ditambahkan, saat ini ada 15 cabang industri kreatif yang sangat berpotensi dan itu dimiliki oleh anak-anak negeri ini. Bahkan pernah melambung beberapa orang sebagai penggiat industri kreatif.

Misalnya seperti Rahim Laode yang memanfaatkan talentanya untuk masuk dalam industri kreatif pertunjukan, lalu ada Waode yang hari ini sudah menjadi penyanyi pop nasional. Itu adalah industi kreatif yang masuk dalam kategori seni pertunjukan.

Baca Juga :  Kuliah Online, Mahasiswa Minta Kampus Subsidi Paket Internet

Untuk UMKM, yang paling dekat dengan industri kreatif itu adalah Fashion, Kriya, Kuliner, Musik. Oleh sebab itu, yang ada di pemerintahan yang berhubungan langsung dengan item-item tersebut yang harus didorong dan maksimalkan.

La Ode Ahmad Monianse sangat mengapresiasi Dinas Koperasi dan UMKM dengan tupoksinya mencoba untuk membangkitkan semangat kreatifitas anak negeri dengan mengundang ahli-ahli untuk berbagi pengetahuan sekaligus memberikan motivasi agar kemandirian yang nantinya muncul dari para pengrajin. (Adm)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

IKLAN

Latest Articles