Sabtu, Oktober 26, 2024

Pemkot Baubau Dorong Peningkatan Kemampuan Pelaku IKM

SATULIS.COM, BAUBAU – Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau terus mendorong peningkatan kemampuan pelaku Industri Kecil Menengah (IKM), yang salah satunya menggelar pelatihan manajemen usaha.

Seperti yang dilakukan oleh Dinas Perindag Kota Baubau melalui DAK non fisik tahun 2023  menggelar pelatihan manajemen usaha di hotel mira Senin (19/6/2023) dan dibuka oleh Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse.

Menurut Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse, pelatihan ini merupakan fasilitasi peningkatan pelatihan kemampuan pelaku IKM yaitu pelatihan manajemen usaha. Apalagi, semenjak covid19 melanda, memang Pemkot Baubau diberikan cobaan terutama di bidang wirausaha, namun hal tersebut tidak akan membuat Pemkot Baubau dan semua pasrah begitu saja dan terus berjuang untuk memulihkan kondisi ini.

Dikatakan,tiga tahun sudah berjalan setelah Indonesia dilanda covid19 yang juga berdampak pada kondisi sektor perdagangan Kota Baubau, namun Pemkot Baubau terus melakukan upaya untuk memacu pengembangan sektor perdagangan, khususnya pembinaan kepada pelaku IKM yang jumlahnya cukup besar di daerah ini.

Sehingga, memiliki dampak yang cukup besar bagi pengembangan kapasitas ekonomi di sektor ini agar bisa memberi kontribusi signifikan bagi pertumbuhan ekonomi daerah secara keseluruhan.

“Besarnya tantangan yang ada dalam dunia usaha terlebih lagi dengan kondisi dunia yang mengharuskan kita sudah wajib terbiasa untuk melek teknologi, tentu kita perlu dibekali lmu untuk manajerial semua itu. Usaha mau sebagus apapun produk kita, tanpa manajerial yang baik maka kita akan kewalahan. Jangankan usaha kecil, perusahaan-perusahaan raksasa bisa jatuh bangkrut itu hanya karena apa? Karena manajemennya yang tidak mampu membaca pasar dan kondisi yang terus berubah-ubah,”ujarnya.

Ditambahkan, pelatihan manajemen usaha ini tentu akan menjadi modal besar untuk semua pelaku usaha dibidang apapun itu. Tentu emua berharap bahwa usaha itu tidak berjalan hanya saat ini saja tapi terus berkembang sehingga dapat membuka lapangan pekerjaan yang seluas-luasnya yang nantinya juga akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat khususnya bagi para pelaku usaha itu sendiri. Sehingga, ke depan, Pemerintah Daerah akan terus mendorong pelatihan-pelatihan yang serupa dan berkesinambungan.

Baca Juga :  Tanpa e-KTP, Pemilih Tak Bisa Memilih

Orang nomor satu di Kota Baubau ini pada kesempatan tersebut juga mengingatkan kepada jajaran terkait dimana yang tidak kalah pentingnya adalah follow up pasca pelatihan agar para peserta pelatihan diberi bimbingan, dan pendampingan kemudahan untuk mengakses lembaga-lembaga keuangan seperti perbankan dan lembaga keuangan lainnya untuk memastikan para peserta pelatihan bisa menjalankan usahanya dengan baik dan lancar kedepannya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

IKLAN

Latest Articles