Sabtu, Oktober 26, 2024

Sepanjang Tahun 2019, BNN Kota Baubau Tangani Tiga LKN dan Rehabilitasi 29 Pecandu Narkoba

SURYASULTRA.COM, BAUBAU – BNN Kota Baubau dibawah kepemimpinan Alamsyah, S.Sos MSi di sepanjang tahun 2019 telah melakukan berbagai upaya dalam Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) dan precursor Narkoba.

Dengan bermodalkan DIPA senilai 1.010.304.000 BNN Kota Baubau dengan 5 (lima) wilayah Kerja yaitu Kota Baubau, Kabupaten Buton, Kabupaten Buton Selatan, Kabupaten Buton Tengah dan Kabupaten Wakatobi telah menjangkau 9.510 orang melalui kegiatan Desiminasi Informasi dengan rincian 3.305 lewat kegiatan DIPA BNN Kota Baubau dan 6.205 merupakan sasaran yang dijangkau dengan kegiatan non DIPA.

Selain itu penyelenggaraan Pencegahan melalui test urin telah menggapai 978 orang dengan rincian 120 orang di test dengan menggunakan DIPA BNN Tahun 2019 dan 858 orang di test melalui kegiatan Non DIPA.

Pada program Desa/Kelurahan Bersinar telah menjangkau 15 Desa/ Kelurahan di dua wilayah yaitu Kota Baubau 5 (lima) Kelurahan Bersinar dan Kabupaten Buton Selatan 10 (Sepuluh) Desa Bersinar.

Selain itu dalam upaya meningkatkan partisipasi aparatur pemerintah dan masyarakat, BNN Kota Baubau telah merekrut dan melatih 95 orang relawan yang terdiri dari 35 orang relawan di lingkup instansi pemerintah dan 60 orang relawan dilingkungan masyarakat.

Untuk kegiatan advokasi, Alamsyah menjelaskan di instansi pemerintah telah dilakukan advokasi pada 6 instansi. Sementara yang telah melaksanakan Instruksi Presiden No. 6 Tahun 2018 berjumlah 7 Instansi. BNN Kota Baubau juga telah melakukan Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan 3 sekolah dan 3 instansi.

Pada bagian pemberantasan, Alamsyah memaparkan, dari satu laporan kasus narkoba (LKN) yang diberikan oleh BNN Pusat, BNN Kota Baubau berhasil mencapai 3 LKN.

“Semua sudah P21 atau sudah dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Baubau,” jelasnya.

Sementara itu di seksi Rehabilitasi, sepanjang tahun 2019, BNN Kota Baubau telah merehabilitasi 29 orang pecandu dengan rincian 24 orang pecandu Narkotika jenis Sabu, 1 Orang Pecandu Narkotika jenis Ganja dan 4 Orang kecanduan Zat Inhalisin (Lem).

Baca Juga :  Bapas dan Lapas Baubau Tegaskan Korban Wahyuddin Bukan Narapidana Asimilasi Covid-19

Dalam kesempatan ini juga Kepala BNN Kota Baubau mengucapkan terima kasih pada pemerintah daerah yang telah memberikan konstribusi besar dalam upaya pencegahan dan pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) dan Prekursor Narkoba. Terkhusus pada pemerintah Kota Baubau dan Pemerintah Kabupaten Buton Selatan.

Alamsyah juga mengapresiasi kinerja seluruh jajaran BNN Kota Baubau yang dengan segala keterbatasan telah bahu membahu dan dapat menunjukan kinerja yang baik dengan menjunjung tinggi profesionalisme (Adm).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

IKLAN

Latest Articles