Sabtu, Oktober 26, 2024

Talkshow Bersama Plt. Kadis Dikbud Prov. Sultra : Ramadhan, Bulan Introspeksi Siswa di Tengah Pandemi

SATULIS.COM, Kendari – Wabah Covid-19 memang benar-benar mengubah pola hidup kita. Terutama dalam dunia pendidikan. Semua proses belajar-mengajar yang tadinya harus dilakukan secara tatap muka bersama, kini harus dilakukan secara daring di rumah masing-masing. Bahkan hal ini terjadi selama hampir 2 bulan sebelum Ramadhan menjelang.

Olehnya itu, Rabu (13/05/2020) diselenggarakan dialog khusus bersama Drs. Asrun Lio, M.Hum., PhD. selaku Plt. Kadis Dikbud Prov. Sultra dan Dr. Kamarudin selaku Dosen IAIN Kendari di Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Prov. Sultra untuk mendiskusikan dialog yang bertema “Ramadhan Bulan Introspeksi Diri Bagi Siswa di Tengah Pandemi Covid-19.”

Dalam dialog tersebut, Plt. Kadis Dikbud menjelaskan, Introspeksi diri merupakan perenungan terhadap diri sendiri yang dilakukan secara sadar untuk memperbaiki kualitas diri.

“Melalui introspeksi diri ini seseorang akan menyadari kelemahan dirinya dan lalu memperbaikinya,” papar Asrun Lio.

Ia juga menambahkan bahwa setiap kegiatan atau tindakan yang akan dilakukan sebaiknya diawali dengan perenungan diri (refleksi diri).

“Seorang siswa harus dapat melakukan refleksi terhadap pembelajaran agar dapat mengubah tindakan atau cara belajarnya,” bebernya.

Demikian pula dengan guru, sebelum melakukan tindakan pembelajarannya, harus dimulai dengan melakukan refleksi diri terhadap pembelajaran yang dilakukan selama ini dan kemudian melakukan perbaikan. (Adm)

Baca Juga :  Cegah Peredaran Narkoba, Lapas Kendari Sita HP Sipir saat Tugas

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

IKLAN

Latest Articles