Kemenpar RI Bakal Hadiri Festival Keraton Kesultanan Buton

171
Ali Arham

SATULIS.COM, BAUBAU – Pemerintah Kota Baubau melalui Dinas Pariwisata akan melaksanakan dua ivent besar dalam selang waktu yang tidak lama. Festival Keraton Kesultanan Buton (FKKB) dan Festival Keraton dan Masyarakat Asean (FKMA).

Kepala Dinas Pariwisata Kota Baubau, Ali Arham mengatakan bahwa kedua even itu akan memeriahkan Baubau dengan berbagai macam acara adat dan kesenian yang ada di Nusantara. Untuk FKKB akan dilaksanakan pada Oktober mendatang.

Adapun dalam kegiatan tersebut, lanjut Ali, disitu akan diperkenalkan keunggulan Sarung Buton yang ragam coraknya serta bisa digunakan keperluan apa saja sebagai misal dibuatkan baju serta yang lainnya.

- Advertisement -

Kemudian acara lainya pengenalan tradisi-tradisi ritual masyarakat, seperti tradisi Batupuaro, tradisi Masyarakat Pulau Makasar, tradisi Bubusiana Lipu oleh masyarakat Sorawolio serta tradisi siram-siram kubur para pahlawan yang berjasa.

“Dalam acara FKKB ini kami sudah menyiapkan raundown kegiatanya, tentunya kegiatan yang berkaitan erat kebiasaan-kebiasaan masyarakat yang menjadi kekayaan daerah itu sendiri,” ujarnya.

Festival Keraton Kesultanan Buton akan diselenggarakan pada bulan Oktober mendatang, dan kegiatan ini akan dihadiri Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI.

“Pelaksanaan acara FKKB mulai dari tanggal 12-17 Oktober serta dimeriahkan dengan kedatangan Kemenpar RI,” tuturnya.

Sementara untuk Festival Keraton dan Masyarakat Asean (FKMA) yang akan melibatkan negara-negara tetangga, seperti Malaysia dan Korea tentunya kedua negara menyambut senang turut serta dalam kegiatan tersebut.

Dalam acara FKMA, Dispar mengundang para Raja, Sultan dan Keraton se-nusantara dan undangan sudah disebarkan tinggal menunggu jawaban balik dari para undangan tersebut.

Untuk saat ini yang sudah merespon undangan tersebut rombangan dari Bali dimana rombongan ini akan menyajikan tari kesenian dalam festival mendatang serta mempersembahkan kepada masyarakat Bali yang ada di Baubau.

Baca Juga :  Cegah Penyebaran Covid 19, BPBD Lakukan Penyemprotan Disinfektan di Pengadilan Agama Baubau

“Untuk undangan kegiatan FKMA sudah diedarkan tinggal menunggu feedback dari peserta yang telah diundang, tapi biasanya satu bulan sebelum acara jawabanya sudah ada,” katanya.

Festival Keraton dan Masyarakat ASEAN akan digelar pada November mendatang, adapun pembukaan akan dilaksanakan di Stadion Betoambari serta akan dilakukan pagelaran seni yang difokuskan di Pantai Kamali Baubau. (adm)

Komentar