Ribut Antar Dua Desa di Buteng, Ini Penjelasan Polisi

843
Ketgam: Kapolsek Lakudo AKP Halim Kaonga, SH

SATULIS.COM, BUTON TENGAH – Keributan yang melibatkan dua kelompok pemuda dari dua Desa di Kabupaten Buton Tengah (Buteng) kembali terjadi, Senin (13/01/2020).

Dua kelompok pemuda yang Bertikai yakni Desa Langkomu dan Desa Lolibu. Keributan dipicu karena pemukulan yang dialami seorang warga Desa Langkomu, Rahman oleh sekelompok pemuda Desa Lolibu.

Atas kejadian itu, Kapolsek Lakudo, AKP Halim Kaonga SH angkat bicara. Dirinya menampik bahwa pemukulan dipicu karena persoalan tapal batas antar Desa.

- Advertisement -

“Ini bukan soal tapal batas Desa, tapi mis komunikasi antar 2 warga ini,” kata Halim via phone, Senin (13/01/2020).

Menurut Kapolsek tiga balok ini, awal mula kejadiannya saat warga dusun Molampina Desa Lolibu, minggu (12/1/2020) malam, hendak menangkap ikan di daerah Langkomu. Kemudian, Rahman salah satu warga Desa Langkomu yang beristrikan orang Lolibu menegur warga tersebut dengan alasan nanti ketahuan warga Langkomu.

Keesokan harinya, Senin siang, sekira pukul 11.00 Wita, Rahman melintas di sekitar Desa Lolibu untuk mencari pakan ternak. Disana dirinya di datangi oleh warga yang semalam sempat di tegur.

“Pas di datangi, Rahman ini di tampar. Nasehat semalam di artikan seolah-olah warga Lolibu ini di usir. Mendengar itu, sejumlah massa mulai berkumpul. Untuk itu saya sudah sampaikan ke Kapolsek Masteng agar mengurus warganya disana, begitupun saya mengurus warga Lolibu,” cerita Halim.

Ia meminta kepada Masyarakat agar bisa menahan diri dan tidak mudah terprovokasi, seraya mempercayakan penanganan persoalan itu kepada pihak kepolisian.

“Alhamdulilah kedua belah pihak sudah mau rembuk bersama guna menyelesaikan masalah. Jadi clear yah, bukan masalah batas Desa,” ujarnya.

Di ketahui, kini kedua Desa sudah melakukan pertemuan di masing masing Desa. Untuk lebih mempermantap, pihak Kecamatan juga memfasilitasi ke dua Desa ke Lakudo agar masalah tersebut tidak terulang. (Adm)

Komentar
Baca Juga :  Nakes Puskesmas di Buteng Sudah Mulai di Suntik Vaksin.