Bawaslu dan Kominfo Buton Jalin Kerjasama di Bidang Kehumasan

90
Ketgam : Foto Bersama Ketua Bawaslu Buton, Maman SH (tengah) bersama staf dengan Sekdin Kominfo Buton, Alimuddin Matu (Memengang buku), Kamis (27/02/2020). (Foto : Kominfo Buton/Satulis.com)

SATULIS.COM, BUTON – Badan Pengawas Pemiluhan Umum (Bawaslu)  Kabupaten Buton menggelar pertemuan dengan Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Buton, di Kantor Bawaslu Buton, Pasarwajo, Kamis (27/02/2020).

Pertemuan tersebut membahas tata cara pengelolaan kehumasan, pelayanan data dan pengelolaan media informasi. Pertemuan dipimpin langsung Ketua Bawaslu Buton, Maman SH, turut dihadiri Sekretaris Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Buton, Alimuddin Matu, SPd MSi, Koordinator SDM Bawaslu Buton, Delti Jans SE, Koordinator Sekretariat Bawaslu Buton, La Ode Nur Adiwijaya, SSos MSi, serta sejumlah anggota dan staf Bawaslu Buton dan Staf Kominfo Buton.

Ketua Bawaslu Buton, Maman SH menjelaskan pihaknya melakukan pertemuan dengan mengundang Dinas Kominfo untuk menyatukan pemahaman sekaligus berbagi pengetahuan tentang pengelolaan data dan media informasi.

- Advertisement -

Semua itu dimaksudkan agar kegiatan-kegiatan dari Bawaslu Buton dapat terdokumentasi dan terpublikasi dengan baik sehingga akan lebih memudahkan masyarakat umum untuk mengakses informasi kegiatan yang dilakukan Bawaslu Buton.

Ketgam : Sekdin Kominfo Kabupaten Buton, Alimuddin Matu bersama Ketua Bawaslu Buton, Maman SH saat memberikan materi terkait Kehumasan, Kamis (27/02/2020). (Foto : Infokom Buton/Satulis.com)

“Kami akan lebih banyak berkomunikasi dengan Dinas Kominfo Buton. Bawaslu Buton memiliki bidang kehumasan tentu butuh untuk pemahaman bagaimana mengelolah informasi yang baik terkait publikasi dan dokumentasi kegiatan bawaslu,” katanya.

Menurut Maman, Bawaslu memiliki tugas-tugas pengawasan dalam tahapan pemilu. Meskipun tahun 2020 Buton tidak melaksanakan pemilihan serentak, namun ke depan Bawalu Buton akan melakukan sosialisasi tentang pelanggaran-pelanggaran pemilu.

Bawaslu menganggap, pendidikan politik dan pengawasan pemilu perlu diberitahukan pada masyarakat serta upaya pencegahan agar masyarakat memahami bentuk demokrasi yang sesungguhnya.

Maman juga berharap, ke depan pemilu maupun hajatan-hajatan demokrasi betul-betul bisa menjadi demokrasi yang jujur dan adil.

“Sehingga memang butuh untuk melakukan kerjasama dengan Diskominfo dalam percepatan informasi yang dibutuhkan masyarakat,” ujar Maman.

Baca Juga :  Pemkab Buton Maksimalkan Sistem Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Terintegrasi

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kominfo dan Persandian Buton, Alimuddin Matu, mengatakan dalam pertemuan tersebut pihaknya banyak memberikan informasi, trik, maupun masukan kepada Bawaslu dalam upaya memberikan informasi yang efektif sehingga bisa diketahui oleh khalayak umum.

“Setiap informasi mesti dan sudah seharusnya sampai kepada masyarakat. Tinggal bagaimana cara dan metode supaya bisa lebih mudah diketahui oleh masyarakat,” ungkapnya.

Sekdin Kominfo yang kerap disapa Alma mengatakan, kedepan pihaknya siap membantu dan bekerjasama dengan Bawaslu Buton, sehingga informasi-informasi yang perlu atau penting disampaikan dapat tersampaikan dengan baik.

“Diskominfo Buton siap dan akan membatu melalui informasi pemberitaan, baik melalui website resmi Kominfo maupun media social resmi milik Pemkab Buton,” beber Alma.

Ditambah Alma, dalam alam demokrasi sangat dibutuhkan cara cerdas dalam menyampaikan informasi sehingga sampai ke masyarakat.

“Masyarakat juga diharapkan ketika berselancar di dunia maya dapat menggunakan etika bermedsos yang baik, dan tidak menampilkan postingan yang berbau sara,” pungkas Alma. (Adm)

Komentar
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry