Resmikan Mobil Kesehatan Desa, Arusani Bantu Puluhan Kube di Lapandewa

213
Ketgam : Bupati Buton Selatan, Arusani saat mengukuhkan sejumlah Pokdarwis dibeberapa Desa yang tersebar di Kecamatan Lapandewa, Minggu (23/08/2020)

SATULIS.COM, Buton Selatan – Usai meresmikan pembangunan Musholla di Desa Lapandewa Jaya, Kecamatan Lapandewa, Bupati Buton Selatan (Busel), Arusani melanjutkan Road Shownya dengan meresmikan Mobil Kesehatan Desa di Desa Gaya Baru, Minggu (23/08/2020).

Selain meresmikan Mobil Kesehatan Desa yang bersumber Dari Dana Desa tahun 2020, Arusani juga menyerahkan bantuan untuk Kelompok Usaha Bersama (Kube) dari Kementerian Sosial RI kepada 21 Kube di Desa Gaya Baru.

Dalam sambutanya, Arusani mengajak semua pihak untuk bersama-sama mendukung program pemerintah untuk membangun Buton Selatan agar maju dan setara dengan daerah lain.

- Advertisement -

Dikatakan, kehadiran kelompok pokdarwis yang terdiri dari kelompok generasi muda, sangat diharapkan sumbangsihnya dalam membantu pemerintah membangun dari desa.

“Lapandewa bisa menjadi percontohan karena semua sektor bergerak dan optimal. Pertanian, perikanan, pariwisata, kesehatan, pendidikan dan sektor lainnya juga, selain itu pemerintah juga membangun sarana seperti fery di kadatua dan siompu, bandara kargo di Kadatua,” bebernya.

Ketgam : Bupati Busel, Arusani menyerah bantuan bibit bawang merah kepada sejulam petani di Kecamatan Lapandewa, Minggu (23/08/2020).

Selain itu, Arusani meminta camat agar menyiapkan lokasi untuk pembangunan pelabuhan di Kecamatan Lapandewa. Diakhir sambutannya, bupati mengajak semua masyarakat bersatu membantu pemerintah membangun Buton Selatan.

Ditempat yang sama Bapak Bupati menyerahkan bantuan bibit bawang kepada 9 kelompok sebanyak 41.850 kg yang bersumber dari APBN 2020 melalui Dinas Pertanian Buton Selatan.

Selain itu, bupati juga mengkukuhkan kelompok Pokdarwis 4 desa, masing-masing pokdarwis Kambawaburi Desa Gaya Baru, pokdarwis Syeh Abdul Wahid Desa Burangasi Rumbia, pokdarwis Wakaroroi Desa Lapandewa Makmur, dan pokdarwis Lakadao Desa Burangasi.

Kepala Desa Gaya Baru, Wa Aua menyampaikan, mobil kesehatan desa akan menjadi sarana pendukung Desa dibidang kesehatan jika ada masyarakat yang sakit.

Kadis Pertanian Drs. Syafir mengungkapkan, bantuan bawang yang diserahkan untuk musim tanam periode Oktober 2020 – Maret 2021. Bantuan guna memaksimalkan Kecamatan Lapandewa sebagai sentra pengembangan bawang merah di Buton Selatan.

Baca Juga :  Atasi Stunting, Pemkab Busel Gelar Orientasi Pembinaan Kader Pembangunan Manusia

Kepala dinas pariwisata La Ode Harwanto, S. Pd,MM mengungkapkan semoga dengan dibentuknya pokdarwis dapat meningkatkan kesadaran masyarakat sekaligus menjadi lokomotif pengembangan pariwisata di desanya.

Acara dimeriahkan dengan penampilan tari-tarrian yang diperagakan oleh kelompok pokdarwis seperti mangaru, pencak silat, pangibi dan vokal Group. (Adm)

Komentar
4