Litbang Busel Kaji Optimalisasi Industri Perikanan Sebagai Produk Unggulan Daerah

183

SATULIS.COM, Buton Selatan – Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Kabupaten Buton Selatan (Busel) bekerjasama dengan LPPM Universitas Muhammadiyah Buton (UMB), melaksanakan kegiatan Seminar Akhir Kajian Optimalisasi Industri Perikanan Skala Kecil dan Menengah sebagai Produk Unggulan Daerah, Selasa (25/08/2020).

Asisten Tata Pemerintahan Setda Kabupaten Buton Selatan, Drs. Muslim Taangi, M.Si  mewakili Bupati Buton Selatan menyampaikan, sektor perikanan sebagai salah satu visi misi Bupati Buton Selatan harus menjadi sektor yang dioptimalkan guna meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Hasil kajian ini diharapkan menjadi acuan dan informasi bagi pengembangan industri perikanan di Buton selatan,” bebernya.

- Advertisement -

Kepala Badan LITBANG Buton Selatan L.M. Yusuf Hibali, SSos.,M.Si menyampaikan, pandemi Covid-19 tidak menghalangi kegiatan-kegiatan penelitian yang dilakukan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan, tetap berjalan sesuai rencana.

“Diharapkan dokumen yang dihasilkan menjadi rujukan kebijakan pada OPD teknis,” jelasnya.

Sementara itu, peneliti LPPM Universitas Muhamadiyah Buton, Muh. Iksan, SPd MSi  menggungkapkan, Buton Selatan dengan cakupan 83% wilayahnya terdiri dari laut, masih memberi kontribusi yang kurang terhadap produk domestik bruto yaitu 3%.

“Melalui kajian ini diharapkan dapat memecahkan permasalahan yang dihadapi oleh UMKM perikanan. Beberapa Kecamatan sebagai sentra penghasil ikan belum optimal mengelola hasil yang ada menjadi produk, seperti Ikan Kering, abon Ikan, dan lainnya,” ungkapnya. (Adm)

Komentar
Baca Juga :  Ini 5 Fitur Baru WhatsApp yang Patut Anda Coba