Bupati Buton Ikut Panen Perdana Tanaman Pala Banda di Desa Ambuau

457
Bupati Buton, Drs La Bakry bersama petani Pala di Desa Ambuau, Kecamatan Lasalimu Selatan, Senin (12/10/2020)

SATULIS.COM, Buton – Upaya Pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Buton dibawah kepemimpinan Bupati La Bakry dan Wakilnya, Iis Elianti menjadikan tanaman Pala sebagai salah satu komuditas unggulan di Kabupaten Buton, mulai membuahkan hasil.

Di Desa Ambuau, Kecamatan Lasalimu Selatan, Bupati Buton, Drs La Bakry datang menyaksikan langsung dan ikut memetik buah pala yang ditanam oleh petani setempat, Senin (12/10/2020).

Pala yang dipanen tersebut ditanam pada 2017 silam dan alhasil telah berbuah sebanyak 5 kali sejak penanaman.

- Advertisement -

“Pala di sini (Desa Ambuau) cukup subur.  Setengah hektar lahan dapat ditanam 400 pohon. Semua menghasilkan buah yang bagus,” kata petani Pala, Lakulo.

Bupati Buton, Drs La Bakry memetik buah pala yang telah siap untuk di panen

Hasil panen kata Lakulo, masih di jual secara manual di Desa Ambuawu dengan harga jual perkilonya berkisar Rp 50 ribu. Sedangkan bunganya dijual dengan harga berkisar Rp 110 ribu perkilo.

Bupati Buton sangat menyambut baik keberhasilan para petani pala tersebut. Panen buah Pala di Sulawesi Tenggara yang perdana ini menunjukan bahwa di beberapa spot Kabupaten Buton, sangat cocok untuk tanaman pala.

“Ini juga menunjukkan bahwa Buton seperti sejarah masa silam, mempunyai rempah-rempah. Keberhasilan tanaman pala ini merupakan bukti sejarah itu. Meskipun ini merupakan penanaman yang dilakukan secara individu oleh masyarakat,” kata La Bakry.

Bupati juga berjanji akan membantu para petani, baik bibit maupun pemasaran untuk seluruh para petani di Kabupaten Buton yang memiliki lahan yang dianggap layak untuk ditanami Pala.

“Panen kali ini menjadi pemicu bagi seluruh masyarakat ini. Ini juga sebagai bukti beberapa spot yang ada di Kabupaten Buton memiliki lahan yang cocok untuk tanaman Pala. Kedepannya masyarakat yang memiliki lahan cocok tidak perlu ragu menanam pala karena pasti mempunyai masa depan yang menjanjikan,” pungkasnya. (Adm)

Komentar
Baca Juga :  Pandemi Covid-19, 180 Kepala Keluarga di Buton Dapat Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya