Pasangan HATI Janjikan Budidaya Udang Vaname di Kaledupa

199
Ketgam : Calon bupati Wakatobi nomor urut dua, Haliana, saat melakukan kampanye di pulau Kaledupa. Foto. Istimewa.

SATULIS.COM, Wakatobi – Pasangan calon bupati Wakatobi nomor urut dua, Haliana-Ilmiati Daud (HATI) kembali melakukan kampanye terbatas di Pulau Kaledupa, Senin (19/10/2020). Dalam kampanye itu, pasangan HATI membeberkan sejumlah program yang akan dilakukan jika kelak terpilih menjadi Bupati dan Wakil Bupati Wakatobi pada 9 Desember 2020.

Program solutif yang ditawarkan guna meningkatkan penghasilan bagi masyarakat pulau Kaledupa yaitu dengan cara mengembangkan konsep budidaya udang vaname dengan sistem tambak terpal. Hal tersebut diungkapkan Haliana, saat melakukan kampanye terbatas di desa Ollo, Kecamatan Kaledupa.

Bahwa Kaledupa merupakan pulau yang tempat untuk budidaya udang vaname, apalagi Desa Lewuto dan Laolua dimana ke tersedia sumber mata air sungai yang mendukung kegiatan budidaya.

- Advertisement -

“Udang Vaname ini hanya bisa hidup di dalam air payau, campuran air laut dan air tawar dengan campuran pas. Rupanya di Lewuto dan Laolua ada aliran air sungai tawar disana yang tidak pernah kering. Ini akan lebih bagus untuk kegiatan budidaya karena ada stok air tawar,” jelas Haliana, Senin (19/10/2020).

Lebih lanjut Paslon No Urut 2 itu menuturkan kegiatan tambah udang vaname di ini akan dikelola langsung oleh masyarakat Kaledupa agar bisa meningkatkan penghasilan dari usaha tersebut di masyarakat.

“Titik lain pusat pengembangan udang tambak darat ini juga akan dicoba dilakukan di Desa Ollo Selatan, sebab di desa tersebut ditemukan adanya tambak budidaya, namun yang  menjadi kendala sekarang hanya persoalan lampu saja yang belum menyala 24 jam, sehingga kita harus gunakan energi alternatif,” ungkapnya. (Adm)

Peliput : Arjuno

Komentar
Baca Juga :  Supervisi dan Monitoring Di Tiga Pulau, Asyary Suyanto Tekankan Panwaslu Fokus Pada Dua Hal Ini