Presiden PKS Minta Cakada Prioritaskan Lapangan Kerja untuk Tenaga Kerja Lokal

90
Presiden PKS Ahmad Syaikhu (berdiri) saat memberikan keterangan terkait konsolidasi pemenangan Pilkada 2020 di SUltra, bertempat di Kendari, jumat malam. (Foto ANTARA/Suparman)

SATULIS.COM, KENDARI – Presiden PKS Ahmad Syaikhu berpesan kepada calon kepala daerah di Sulawesi Tenggara yang diusung dan didukung PKS memberikan prioritas lapangan pekerjaan kepada tenaga kerja lokal. 

“Perhatian tenaga kerja lokal adalah prioritas dan didahulukan sebagai bagian upaya mensejahterakan anak-anak bangsa,” kata Asyik dalam Konsolidasi Pemenangan Pilkada se-Sulawesi Tenggara di Kendari, Jumat malam seperti dilansir AntaraSultra.com.

Ahmad Syaikh mengaku perlu menyampaikan ini, mengingat cukup banyaknya Tenaga Kerja Asing (TKA) yang masuk ke Sultra, bahkan saat masa pandemi. 

- Advertisement -

Ia menyebut, calon kepala daerah yang diusung dan didukung PKS harus memberikan perhatian kepada tenaga kerja lokal. Ia yakin, kualitas tenaga kerja lokal tidak kalah dengan TKA.

Menurut dia, kebijakan PKS terkait pembelaan tenaga kerja sudah sangat jelas. Hal ini dibuktikan dengan sikap resmi PKS menolak UU Cipta Kerja.

Ia menggambarkan soal kebijakan di bidang perairan. Pada UU terdahulu, kapal berbendera asing di Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia wajib memperkerjakan 70 persen WNI sebagai Anak Buah Kapal. PKS bahkan dalam pembahasan UU mengusulkan kenaikan menjadi 80 persen WNI sebagai ABK.

“Karena kita melihat 70 persen tidak cukup melihat kondisi anak bangsa yang masih banyak pengangguran. Tapi yang disahkan justru dihilangkan klausul itu. Jadi kapal-kapal yang lewat di ZEE Indonesia sah-sah saja tidak memperkerjakan WNI sebagai ABK,” katanya.

Tidak berpihaknya UU Cipta Kerja terhadap tenaga kerja lokal, menjadi salah satu alasan PKS menolak UU Cipta Kerja. “Sebab sangat tidak berpihak kepada pertumbuhan tenaga kerja di Indonesia,” papar dia.

Sementara itu, Calon Wakil Bupati Konawe Selatan, Rasyid, mengaku siap menjalankan instruksi Presiden PKS untuk membuka lapangan kerja bagi tenaga kerja lokal. Ia menyebut, pihaknya bersama Calon Bupati Konawe Selatan Surunuddin Dangga sudah menyiapkan kebijakan revisi RT/RW untuk pembukaan dua pabrik baru di Konawe Selatan.

Baca Juga :  Saksi Pemohon Kurang Berkualitas, Yusid Toyib dan Cok Hendri Ramapon Tetap Unggul

“InsyaAllah selama kepemimpinan Pak Surunuddin Dangga sudah dimulai pembahasan. Jika masyarakat memberikan amanah akan kami lanjutkan untuk pembangunan dua industri yakni pengolahan biji nikel dan pengolahan kepala. Otomatis tenaga kerja masyarakat Konawe Selatan akan diserap,” katanya.

Komentar