Diknas Buton Gelar Sosialisasi SIM D UNIK

36

SATULIS.COM, BUTON – Dinas Pendidikan Kabupaten Buton menggelar sosialisasi Penerapan Sistem Informasi Data Guru dan tenaga Pendidik (SIM D UNIK). Kegiatan dimaksudkan untuk mengelola hal-hal yang berkaitan dengan kepegawaian guru dan tenaga pendidik di semua jenjang satuan Pendidikan.

Sosialisasi yang diselenggarakan di Aula SMP Negeri 7 Buton di Wakoko, Pasarwajo tersebut melibatkan seluruh Kepala Sekolah (Kasek) dan operator sekolah se-Kecamatan Pasarwajo, berlangsung selama 2 hari (Selasa, Rabu, 17-18, November 2020).

Kepala Bidang Pembinaan Ketenagaan Disdik Kabupaten Buton, Usman S.A.P,.M.Si mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bagian dari rancanagan aksi perubahan yang merujuk kepada tupoksi sebagai pejabat yang membidangi pembinaan ketenagaan di Disdik Diknas Buton.

- Advertisement -

“Kegiatan tersebut adalah bagian rancangan aksi perubahan yang merujuk pada tupoksi kami sebagai pejabat yang membidangi pembinaan ketenagaan di Dinas Pendidikan,” kata Usman.

Kedepannya kata Usman, guru hanya fokus menjalankan tugasnya yakni mengajar. Urusan kepegawaian menjadi tanggungjawab Dinas Pendidikan Kabupaten Buton.

“Karena ini membahas pengimputan data, peserta dalam kegiatan tersebut adalah para Kasek dan operator sekolah disemua jenjang satuan pendidikan yang ada di Kecamatan Pasarwajo, mulai dari TK hingga SMP,” katanya.

Dikatakannya, kegiatan yang dilakukan sekarang masih melibatkan para tenaga pendidik di ibukota Kabupaten Buton, yakni Kecamatan Pasarwajo. “Untuk kecamatan-kecamatan lain, Insya Allah kami programkan di tahun 2021,” ujarnya.

Menurutnya, sistem tersebut sudah ada, namanya data pokok kependidikan, namun jangakauannya lebih luas dan tidak terlalu spesifik, sehingga pihaknya selaku yang membidangi hal tersebut melakukan inovasi dimaksud.

“Melalui sistem itu bisa lebih mudah melakukan pengimputan terhadap semua informasi mengenai kepegawaian guru sejak diangkat menjadi PNS hingga saat ini. Sehingga datanya lebih valid lagi dan relevan dengan yang ada di lapangan,” papar Usman. (Adm)

Komentar
Baca Juga :  Bersama Pemrov Sultra, Pemkab Buton Gelar Gerakan Pangan Murah di Wabula