Umar Jadi Mentor Politik, Petahana UTARA-TIMUR Keok

441

SATULIS.COM, WAKATOBI – Samsu Umar Abdul Samiun telah mendeklarasikan diri sebagai calon Gubernur pada 2024 nanti. Guna mendukung langkah politiknya, mantan Bupati Buton itu memperjuangkan pasangan calon di dua daerah Pilkada di wilayah Kepulauan Buton (Kepton).

Kabupaten Wakatobi dan Buton Utara menjadi fokus utama dalam pemenangan Pilkada serentak 9 Desember. Umar Samiun yang telah dibai’at menjadi Politisi Petarung Bersarung itu kini telah menunjukan dedikasinya menjadi mentor politik yang handal.

Kini terbukti. Dukungan politik Umar Samiun di Pilkada Wakatobi pada Paslon Haliana-Elmiati Daud (HATI) dan Pilkada Buton Utara pada paslon Ridwan Zakariah-Ahali (RIDA) mampu menumbangkan kompetitornya sebagai calon petahana.

- Advertisement -

Berdasarkan hasil quick count (hitungan cepat) Pilkada Kabupaten Wakatobi, paslon petahana Arhawi- Hardin La Omo (HALO) dan Paslon petahana Butur Abu Hasan-Suhuzu Keok. Paslon HATI unggul 2,22 persen dengan perolehan suara 51,39 persen dan HALO hanya 48,61 Persen.

Sedangkan Paslon Abu Hasan-Suhuzu (AHS) hanya mengantongi perolehan 32,40 Persen. Paslon RIDA unggul 38,41 Persen. Tentu ini menjadi bukti sekaligus modal awal buat Umar Samiun untuk maju sebagai Gubernur Sultra.

Meski demikian di wilayah cakupan Kepton masih ada tiga Kabupaten yakni Buton, Buteng, Busel dan termasuk Kota Baubau. Empat daerah tersebut menjadi target pemenangan Pilkada selanjutnya sebelum pelaksanaan Pilgub 2024.

Terkhusus Buteng dan Busel sebagai daerah otonom baru (DOB) yang rencananya bakal menggelar Pilkada 2022. Akankah Petarung Bersarung mendukung penantang baru atau petahana?

Keseriusan itu terlihat dari cuitan status facebook Paman Soma yang tak lain Samsu Umar Abdul Samiun. Begini bunyinya. “GERBANG UTARA SUDAH JEBOL. GERBANG TIMURPUN KINI JEBOL. TENGAH DAN SELATAN TUNGGULAH. WAKTUMUPUN AKAN TIBA..,” begitulah yang tertulis pada unggahannya yang telah mendapat 244 like dan 67 komentar dalam satu jam Postingan. (Adm)

Baca Juga :  Hadiri Deklarasi Pasangan "HATI" Umar Samiun Tiba di Wakatobi

Peliput : Basyarun

Komentar