Korban Tewas Kapal Tenggelam di Busel Sempat Dilarikan ke Puskesmas

245
Ketgam : Kapolsek Lapandewa, Iptu Subagio

SATULIS.COM, BUTON SELATAN – Dua korban tewas akibat tenggelamnya kapal pengangkut warga yang menghadiri peresmian pantai Lakadao di Desa Rindu Makmur (Lakaliba), Kabupaten Buton Selatan, Minggu (04/04/2021) sempat dilarikan ke Puskesmas.

Hal itu ditegaskan Kapolsek Lapandewa, Iptu Subagiyo saat dikonfirmasi media ini melalui pesan WhatsApp.

“Korban sempat di bawah ke Puskesmas Gerak Makmur, namun tidak tertolong lagi dan dinyatakan meninggal,” tulis Subagiyo.

- Advertisement -

Kata dia, dua warga yang menjadi korban meninggal, yakni Wa Naya (34) berjenis kelamin perempuan. Sementara korban kedua masih kanak-kanak, atas nama La Ode Alfin (6) yang juga merupakan warga Desa Gerak Makmur, Kec. Sampolawa.

Sedangkan korban tenggelam lainnya telah ditemukan dalam keadaan selamat. Kapal berukuran 2Gt yang memuat puluhan warga Gerak Makmur, tenggelam di Tanjung Laboke.

Salah satu tokoh pemuda setempat, Rismanto, mengatakan, kapal naas itu memuat penumpang yang sebelumnya menghadiri kegiatan. Kegiatan itu dibuka langsung oleh bupati Busel, La Ode Arusani sekira pukul 09:Wita.

Usai kegiatan, seluruh rombongan pulang. Saat berada di tengah laut, ombak besar disertai angin kencang melanda perairan tersebut. Seketika kapal yang mereka gunakan tenggelam dihantam ombak.

“Ada dua kapal tadi mereka saling beriringan. Tapi kapal yang selamat ini tidak sempat mi balik arah. Karena kalau mereka balik, bisa jadi mereka juga jadi korban,” kata Risi, sapaan akrab Rismanto saat dikonfirmasi wartawan.

“Mereka hanya bisa menelpon orang kampung agar mengirimkan bantuan,” beber Rismanto.

Mengetahui hal itu, lima unit bodi turun memberi bantuan. Alhasil, satu persatu para korban selamat berhasil ditemukan. Mereka kemudian diamankan di tepi bukit untuk menghindari amukan ombak.

“Kalau bodi dari Lande yang datang di acara peresmian itu sekitar 15 bodi. Kalau dari Lakaliba saya tidak tau, yang pasti lebih banyak. Memang pagi tadi agak teduh, hanya siangnya besar ombak,” tambahnya.

Baca Juga :  Pemda Busel Santuni Keluarga Korban Kapal Terbalik

Selain warga, sejumlah pejabat daerah juga hadir pada kegiatan itu. Anggota DPRD Busel dari partai PKS yang disebut-sebut sebagai ketua panitia, La Muhadi belum bisa dihubungi. Nomor kontak yang ia gunakan tidak aktif. (Adm)

Peliput : Gunardih Eshaya

Komentar