PWI Sultra Gelar Orientasi, Sarjono: Wartawan Bebas Memilih Organisasi

64
Foto bersama peserta orientasi dengan panitia penyelenggara PWI Sultra

SATULIS.COM, KENDARI Persatuan Wartawan Indonesia Sulawesi Tenggara (PWI Sultra) menggelar Orientasi Wartawan yang bertempat di aula kantor BLK Kendari, Senin (05/04/2021).

Kegiatan Orientasi  tersebut diikuti oleh 41 peserta terdiri atas berbagai platform media, baik cetak maupun media siber di Sultra.

Ketua PWI Sultra, Sarjono dalam sambutannya mengatakan, kegiatan orientasi ini dimaksudkan untuk mengenalkan organisasi profesi kewartawanan (PWI) bagi para wartawan yang ingin bergabung.

- Advertisement -

“Orientasi ini untuk mengenalkan wartawan pada organisasi profesi kewartawanan. Sebenarnya ada banyak organisasi yang menjadi konstituen dari dewan pers diantaranya PWI, AJI, IJTV dan Pewarta foto Indonesia,” tutur Sarjono dalam acara pembukaan orientasi.

Ketua PWI Sultra, Suharjono menyerah sertifikat Orientasi kepada salah satu peserta orientasi, Arwin (Wartawan Satulis.com)

Olehnya itu, lanjutnya, setiap wartawan tidak dibatasi dalam berorganisasi sebagaimana amanat UU pers.

“UU pers menjamin hak kebebasan setiap wartawan untuk menyatukan diri ditempat organisasi profesi yang menjadi konstituen dewan pers,” katanya.

Menurutnya, satu kebanggan dari PWI Sultra saat ini menggelar orientasi dapat diikuti oleh 41 peserta yang tersebar diberbagai daerah di Sultra.

Kepada peserta Sarjono menegaskan, dengan mengikuti orientasi bukan serta merta akan menjadi anggota defenitif PWI.

“Setelah orientasi ini kita akan traning dan yang paling pasti anda harus bekerja pada perusahaan pers yang memenuhi standar seperti yang dinginkan oleh dewan pers,” terangnya.

“Sebab PWI punya sikap yang tegas terhadap wartawan yang bekerja pada perusahaan pers (harus memenuhi standar),” tegasnya.

Diujung perkataan kepada seluruh peserta, Sarjono, berharap materi yang disampaikan oleh para narasumber nantinya dapat bermanfaat bagi para wartawan di lapangan.

Diketahui, kegiatan orientasi PWI Sultra yang diikuti 41 peserta di buka langsung oleh ketua DPRD provinsi, Abdurrahman Shaleh di dampingi ketua BLK kota Kendari La Ode H Polondo. (Adm)

Baca Juga :  Dandrem 143/HO Berganti, Tradisi Penerimaan dan Pelepasan Digelar Sesuai SOP Kesehatan.

Peliput : Arwin

Komentar
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry