Dirjen Ketenagalistrikan Dukung Percepatan Kelistrikan di Buton Selatan

38

SATULIS.COM, BUTON SELATAN – Komitmen Bupati Buton Selatan, H. La Ode Arusani untuk menghadirkan listrik 1×24 jam di wilayah yang dipimpinnya, khususnya di Pulau Batu Atas begitu besar. Kabar gembira atas upaya dan kerja keras itu mulai menampakkan hasil.

Direktorat Jenderal (Dirjen) Ketenagalistrikan telah memberikan dukungan penuh untuk upaya percepatan kelistrikan segmen Pulau Batu Atas.

Dukungan ini diberikan saat rapat bersama antara Pemerintah Kabupaten Buton Selatan bersama Dirjen Ketenagalistrikan, di Jakarta pada 29 April 2021 lalu.

- Advertisement -

Rapat tersebut dihadiri langsung Dirjen Ketenaglistrikan, Bupati Buton Selatan, H. La Ode Arusani, Ketua DPRD Buton Selatan La Ode Armada, Anggota DPRD Buton Selatan, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Buton Selatan, Staf Ahli Bidang Ekonomi Pembangunan, Kabag Ekonomi dan SDA Setda Buton Selatan, Kabag Hukum Setda Buton Selatan, Kabag Administrasi Pembangunan Setda Buton Selatan, dan Kabag Protokol Setda Buton Selatan.

Kepala Bagian Ekonomi dan SDA Setda Kabupaten Buton Selatan L. M. Musnawir, ST.,M.Si, memaparkan hasil rapat didalam pertemuan tersebut. Sesuai proses yang telah terbangun dari awal tahun 2020, Bapak Dirjen mengapresisasi langkah-langkah percepatan yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Buton Selatan, terkait mekanisme pelaksanaan diserahkan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Untuk mekanisme hibah kelistrikan di Batu Atas yang memanfaatkan tenaga diesel (PLTD) disarankan dilakukan oleh pemerintah daerah sendiri dengan menggandeng pihak PLN sebagai supervisi/pendamping dalam proses pengadaan komponen pendukung mesin yang sudah ada. Selain itu, pelaksanaan operasional yang dilaksanakan akan dituangkan di dalam kesepakatan bersama (MoU) antara Pemda dan pihak PLN.

Untuk dukungan kelistrikan segmen Pulau Siompu dan Pulau Kadatua dalam hal peningkatan kapasitas kelistrikan melalui PLTS, pada prinsipnya Bapak Dirjen mensupport percepatan yang dilakukan Pemda Buton Selatan dengan catatan terbangun komunikasi dengan pihak PLN. (Adm)

Komentar
Baca Juga :  Bupati Arusani Minta Seluruh Penumpang eks KM Mega Abadi dari Maluku Utara di Rapid Test