Stafsus Menteri KKP RI Sebut Potensi Kelautan Buteng Besar

249
Ketgam: Stafsus KKP RI, Brigjenpol Victor Manoppo, bersama Bupati Buteng, H Samahuddin dan Kadis Perikanan Buteng saat audiens dengan para nelayan di desa Waburense, Senin (14/06/2021) (Arwin/Satulis.com)

SATULIS.COM, BUTON TENGAH Potensi kelautan dan perikanan Sulawesi Tenggara (Sultra) khususnya Kabupaten Buton Tengah (Buteng) sangat menjanjikan untuk berbagai jenis budidaya. Baik itu budidaya rumput laut, lobster hingga hasil alam berupa ikan teri.

Hal ini diungkap oleh Staf khusus (Stafsus) Menteri Perikanan dan Kelautan RI bidang pengelolaan sumberdaya perikanan, Brigjenpol Victor Manoppo saat berkunjung di Buteng siang tadi.

Dikatakan dalam sambutannya saat audiens dengan beberapa nelayan dan pengepul di desa Waburense, bahwa potensi kelautan Buteng sangat besar, baik itu untuk budidaya ikan tangkap maupun jenis lainnya.

- Advertisement -

Potensi tersebut menurutnya sangat cocok untuk dikembangkan sehingga bisa mensejahterakan masyarakat nelayan yang berada di Buteng.

Dalam pengembangannya nanti diharapkan akan mempedomani kearifan lokal yang ada dimasing masing daerah.

“Keinginan pak Menteri itu agar nilai tambah nelayan meningkat dari hasil pekerjaannya dengan tetap memperhatikan lokal system di daerah, ” ucap Brigjenpol Victor Manoppo, Senin (14/06/2021).

Sehingga, lanjutnya, kedatangan mereka ke Buteng diutus khusus oleh Menteri KKP RI untuk bisa menganalisis persoalan yang ada di Sultra utamanya Buteng.

“Kami datang dari Jakarta berempat diutus pak Menteri untuk mengetahui masalah disini (budiaya ikan, lobster dan ikan teri). Tugas kami mencatat itu semua kemudian melaporkan hal ini ke Pak Menteri,” katanya.

“Nanti kami akan yakinkan pak Menteri bahwa potensi di Buton Tengah tidak kalah dengan daerah lain. Olehnya itu sektor ini mesti didukung demi kesejahteraan masyarakat,” tambahnya.

Terkait dengan usulan dari beberapa nelayan dalam hal bantuan, Victor Manoppo, menuturkan masih akan mempelajari kendala masyarakat sebelum diusul ke Kementerian KKP RI.

“Semuanya (keluhan masyarakat nelayan) akan ditampung dulu dan kita lihat. Kita akan bantu dengan melihat kondisi daerahnya. Kayak tadi minta klostoris karena persoalan sering mati lampu, itu kan susah. Pokoknya nanti kita akan usulkan sesuai dengan daerah ini,” ungkapnya.

Baca Juga :  Gilir Pelajar Secara Bergantian, Sejumlah Pria di Buteng Diamankan

“Ini kan kita baru survey dan pelajari, mana yang lebih berpotensi itu yang akan kita dorong ke Pak Menteri,” kunci Victor. (Adm)

Penulis : Arwin
Peliput : Gunardih Eshaya

Komentar