Hasil Belanda Vs Ceko: Oranje Tersingkir, De Ligt Dikartu Merah

109
Pemain Belanda, Matthijs De Ligt, saat meninggalkan lapangan usai mendapatkan kartu merah di laga 16 besar Euro 2020 kontra Republik Ceko hari Minggu (27/6/2021). © AP Photo

SATULIS.COM – Belanda secara mengejutkan disingkirkan Republik Ceko usai kalah 0-2 di babak 16 besar Euro 2020. Bek tengah Belanda Matthijs de Ligt dikartu merah.

Duel Belanda vs Ceko dipanggungkan di Puskas Arena, Budapest, Minggu (27/6/2021). Kedua tim bermain tanpa gol di sepanjang babak pertama.

Setelah turun minum, Belanda mesti bermain dengan 10 orang setelah De Ligt diganjar kartu merah usai melakukan hand ball. Ceko memanfaatkan keunggulan jumlah pemain untuk menang dengan mencetak dua gol dari Tomas Holes dan Patrik Schick.

- Advertisement -

Dengan hasil ini, Republik Ceko berhak atas satu tempat di babak delapan besar Euro 2020 untuk berjumpa dengan Denmark. Pertandingan itu akan dilangsungkan di Baku, Azerbaijan pada 3 Juli mendatang.

Jalannya Pertandingan

Belanda menekan Republik Ceko. Di menit kedelapan, di awali dari tendangan pojok pendek Donyell Malen mengirim umpan silang ke depan gawang menemui Matthijs de Ligt di tiang jauh. Namun, sudut terlalu sempit sehingga tandukan De Ligt sulit menemui sasaran.

Lima menit kemudian, sebuah umpan panjang dari lapangan tengah diterima Denzel Dumfries. Dia menyundul bola melewati kiper Tomas Vaclik yang buru-buru maju ke depan, namun Tomas Kalas berhasil melakukan blocking sehingga hanya menghasilkan lemparan ke dalam.

Republik Ceko akhirnya bisa keluar dari tekanan untuk berbalik mengancam pertahanan Belanda. Di menit ke-22, Petr Sevcik mengirim umpan silang matang dari sisi kanan yang diterima Tomas Soucek di depan gawang tapi bola sundulannya masih melebar.

Setelahnya, Patrik Schick memperoleh sedikit ruang tembak untuk melakukan tendangan. Marteen Stekelenberg bisa membaca arah bola sebelum melakukan penyelamatan mudah.

Belanda masih terus mencari cara untuk meruntuhkan pertahanan solid Republik Ceko. Sedangkan serangan-serangan balik Ceko juga mengancam. Pada menit ke-38, Antonin Barak meneruskan umpan mendatar dengan sepakan dari sisi kanan gawang. De Ligt sukses melakukan blok untuk menjadikan sepak pojok yang kemudian dihalau.

Baca Juga :  Italia ke Semifinal Euro 2020 - Nikmati Kemenangan, Baru Fokus ke Spanyol

Jelang turun minum, Memphis Depay mengecoh pemain lawan di kotak penalti. Dia mengirim sodoran kepada Van Aanholt, yang meneruskan dengan sepakan meski masih melenceng dan offside. Skor bertahan 0-0.

Belanda membuang sebuah kesempatan emas di menit ke-50. Pergerakan Memphis Depay mengecoh Vaclik sehingga bola bisa dikuasai Malen. Namun, Malen terlalu lama menggocek bola sehingga bisa ditangkap Vaclik.

Belanda mesti bermain dengan 10 orang di menit 55. De Ligt dikartu merah setelah melakukan hand ball di luar kota penalti ketika mengawal Schick. Pada awalnya, wasit hanya memberi kartu kuning kepada De Ligt tapi hukuman berubah setelah memeriksa melalui VAR.

Ceko kemudian dihadiahi tendangan bebas, tapi sepakan Coufal cuma membentur pagar hidup.

Pertandingan semakin panas. Ceko mengklaim penalti karena Dumfries dianggap melakukan handball menyusul sepak pojok. Wasit meninjau dengan VAR lalu diputuskan bukan penalti.

Kebutuan terpecah! Ceko memimpin atas Belanda 1-0 di menit ke-68. Dari sepak pojok, Kalas menerima bola di tiang jauh sebelum diselesaikan Tomas Holes dengan sundulan dari jarak dekat.

Setelah dua kali upayanya berhasil diselamatkan Stelekenburg, Ceko ‘membunuh’ Belanda. Di menit ke-80, Schick menceploskan gol kedua Ceko untuk mengubah skor menjadi 2-0.

Gol itu terjadi setelah Holes memenangi bola di lapangan tengah. Dia merangsek ke kotak penalti Belanda lalu melepaskan umpan tarik yang diselesaikan Schick dengan tembakan kaki kiri.

Kedua kesebelasan lantas sama-sama melakukan sejumlah pergantian pemain. Belanda dengan putus asa menyerang, tapi Ceko tetap solid bertahan. Keunggulan Ceko 2-0 atas Belanda bertahan sampai pertandingan selesai.

Susunan Pemain

BELANDA: Stekelenburg, Blind (Norman 82′), Van Aanholt (Berghuis 81′), De Vrij, Dumfries, De Ligt, Wijnaldum, De Roon (Weghorst 73′), De Jong, Depay, Malen (Promes 59′)

Baca Juga :  Open Tournament 3rd Aniversary-Allstar 2023 Resmi Dibuka

REPUBLIK CEKO: Vaclik, Celutska, Kaderabek, Coufal, Kalas, Holes (Kral 86′), Masopust (Jankto 79′), Sevcik (Hlozek 86′), Barak (Sadilek 90+2′), Soucek, Schick (Kremncik 90+2′)

Sumber : Detik.com

Komentar