Siap-siap! Pendaftaran CPNS-PPPK 2021 Diumumkan Besok

394
Ilustrasi

SATULIS.COM, Jakarta – Pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) 2021 akan diumumkan Selasa (29/6). Rencananya, Badan Kepegawaian Negara (BKN) akan menggelar konferensi pers pukul 14.00 WIB.

Informasi terkait pendaftaran CPNS 2021 kapan dibuka memang banyak ditunggu masyarakat, terutama oleh para calon pelamar. Demikian juga untuk jadwal pendaftaran seleksi PPPK 2021, baik PPPK Guru maupun PPPK Non-guru.

Untuk pelaksanaan tes CPNS dan PPPK Guru, Bima mengatakan, tes akan berlangsung secara terpisah. Peserta CPNS harus melalui rangkaian tes seleksi kompetisi dasar (SKD) dan kompetisi bidang (SKB) menggunakan skema computer assisted test (CAT).

- Advertisement -

Sedangkan proses seleksi PPPK Guru akan melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama BKN, Paryono, menambahkan informasi secara lebih rinci mengenai tanggal pendaftaran CPNS 2021.

Dia menegaskan bahwa BKN akan segera mengumumkan kapan waktu pendaftaran seleksi CPNS 2021 secara resmi dibuka. Menurut Paryono, pengumuman kapan pendaftaran CPNS 2021 dibuka akan disampaikan pada 29 Juni 2021.

“Nanti tanggal 29 Juni siang, kami akan mengadakan konferensi pers,” ujar Paryono saat dihubungi Kompas.com, Kamis (24/6/2021).

“Ini konpers untuk mengumumkan kapan pembukaan CPNS,” lanjut dia mengenai jadwal pendaftaran CPNS 2021.

Pendaftaran CPNS 2021 online Pendaftaran CPNS 2021 bisa dilakukan secara online melalui portal resmi Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (situs web SSCASN 2021). Portal tersebut dapat diakses melalui link pendaftaran CPNS 2021 sscasn.bkn.go.id yang saat ini sudah dapat diakses.

Pada situs web tersebut sudah tersedia fitur buat akun dan login di sscasn.bkn.go.id. Hanya saja, hingga Sabtu (26/6/2021) hari ini, login dan buat akun di sscasn.bkn.go.id belum bisa dilakukan. Fitur tersebut ketika diklik akan diarahkan ke link https://sscasn.bkn.go.id/soon.

Baca Juga :  Beredar Permen Jahe Diklaim 'Melarutkan Virus Corona', Ini Kata BPOM

Pada link tersebut akan muncul tampilan pemberitahuan yang bertulisan “under construction we’ll back soon!” yang berarti fitur tersebut masih dalam tahap perbaikan sebelum bisa diaktifkan.

Namun, yang jelas, sejauh ini pada halaman awal situs web SSCASN 2021, pengunjung disuguhkan dengan tampilan ucapan selamat datang. “Selamat Datang di Portal SSCASN PPPK Guru, CPNS dan PPPK Non Guru. Segera daftarkan diri kamu..!!” demikian petikan kalimat yang tertera dalam halaman utama link pendaftaran CPNS 2021 sscasn.bkn.go.id.

Adapun alur seleksi CPNS 2021 sudah resmi diumumkan melalui portal terintegrasi penerimaan ASN 2021 yang dapat diakses lewat link pendaftaran CPNS 2021 sscasn.bkn.go.id. Dalam alur pendaftaran CPNS 2021, terdapat sejumlah tahapan yang harus dilalui.

Tahapan tersebut dimulai dari pembuatan akun pada portal resmi sscasn.bkn.go.id.

Berikut enam alur pendaftaran CPNS 2021 selengkapnya:

  1. Daftar Akun
  2. Daftar Formasi
  3. Seleksi Administrasi
  4. Seleksi Kompetensi Dasar
  5. Seleksi Kompetensi Bidang
  6. Pengumuman Kelulusan

Nah, setiap alur tersebut terdiri dari sejumlah langkah yang harus dilakukan para pelamar seleksi CPNS 2021. Berikut cara buat akun SSCASN untuk daftar CPNS 2021:

  1. Pelamar mengakses Portal SSCASN di https://sscasn.bkn.go.id
  2. Buat akun SSCASN
  3. Login ke akun SSCASN yang telah dibuat
  4. Lengkapi biodata dan unggah swafoto

Jika sudah memiliki akun SSCASN, langkah selanjutnya adalah melakukan pendaftaran pada formasi CPNS yang dibuka pada tahun 2021 ini.

Terdapat beberapa langkah yang harus dilalui untuk mendaftar pada formasi CPNS 2021, berikut selengkapnya:

Pilih jenis seleksi

Pilih formasi

Unggah dokumen

Cek resume dan akhiri pendaftaran

Cetak kartu informasi akun dan kartu pendaftaran akun

(Sumber: KOMPAS.com/Ade Miranti Karunia/ Retia Kartika Dewi | Editor : Yoga Sukmana/ Inggried Dwi Wedhaswary)

Komentar