Terus Tingkatkan Kapasitas, Pemkot Baubau Beri Apresiasi Sepak Terjang Kemenag

43

SATULIS.COM, BAUBAU Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau sangat memberi apresiasi terhadap sepak terjang Kementerian Agama (Kemenag) yang terus meningkatkan kapasitasnya. Dalam beberapa tahun terakhir, Kemenag terus meningkatkan pembangunan infrastrukturnya dalam rangka mendukung pelayanan keagamaan di Kota Baubau.

Infrastruktur tersebut di antaranya ialah pembangunan gedung baru Madrasah Tsanawiah Negeri (MTsN) 1 Baubau dan Madrasah Ibtidaia Negeri (MIN) 1 Baubau. Peletakan batu pertama kedua bangunan ini di hadiri oleh Sekretaris Daerah Kota Baubau Dr. Roni Muhtar, M.Pd. di pelataran MTsN 1 Baubau, Kamis (5/8/2021).

Dr. Roni Muhtar, M.Pd dalam sambutannya menuturkan, apa yang dilakukan oleh Kemenag tersebut merupakan wujud dari upaya untuk meningkatkan nilai-nilai Keagaman di Kota Baubau. Selain itu, Sekda juga meniai, sepak terjang Kemenag tersebut merupakan upaya untuk meningkatkan pelayanan keagamaan bagi masyarakat Baubau.

- Advertisement -

“Walikota Baubau Dr. H. AS Tamrin, MH. sangat memberi apresiasi yang luar biasa kepada pimpinan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tenggara, atas perhatiannya terkait dengan upaya peningkatan pelayanan serta nilai-nilai keagamaan di Kota Baubau,” tutur Roni Muhtar.


Ditambahkan, bagi Pemerintah Kota Baubau, semua upaya yang dilakukan oleh Kemenag tersebut akan menjadi sebuah catatan yang sangat penting. Untuk itu, Pemkot Baubau akan terus memberikan dukungan terhadap Kemenag, dalam hal pembinaan dan pengembangan pendidikan serta pelayanan urusan keagamaan bagi masyarakat Baubau.

“Saya juga ingin menambahkan satu hal tentang peran Kepala Kantor Kemenag Kota Baubau bersama seluruh jajarannya, terkait dengan memfasilitasi upaya penyadaran tentang nilai-nilai kearifan lokal, yang dihubungkan dengan dalil-dalil keagamaan yang punya koneksi tentang pesannya tentang nilainya itu telah dirumuskan dengan baik,” imbuhnya.

Menurut Dr. Roni Muhtar, penyadaran nilai-nilai kearifan lokal tersebut merupakan agenda besar yang harus diperhatikan dan ditindaklanjuti bersama agar lebih memasyarakat. Untuk itu, sangat penting agar nilai-nilai tersebut didukung dengan dalil-dali aga. Pasalnya, dalil-dalil  agama sangat penting dan strategis bagi pembentukan watak dan karakter generasi muda.

Baca Juga :  Hadapi Normal Baru, Sekolah Dianjurkan Susun KTSP-RKT

“Jadi Kita semua harus bersepakat agar permasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan moral dan akhlak ini harus kita benahi bersama. Dan ini bukanlah tugas orang perorang namun ini adalah tugas kita semua untuk melakukan upaya-upaya perbaikan. Saya berharap gedung ini kalau sudah selesai dapat menjadi bagian dari upaya-upaya itu,” ujarnya.

Dr. Roni Muhtar juga mengungkapkan, semua urusan terkait dengan sertifikat tanah yang telah dihibahkan terhedap Kemenag untuk pembangunan beberapa infrastrukrur telah tuntas. Namun demikian, sekda juga berharap agar Kemenag segera mengajukan permohonan jika ada hal-hal yang belum tuntas terkait dengan adminstrasi tanah tersebut, sehingga dapat diproses dengan cepat.

“Termasuk kebutuhan pembangunan Kantor KUA, ada dua lahan yang dihibahkan dan sudah diserahkan. Semoga ini menjadi perhatian bagi kantor Wilayah Kementerian Agama Sulawesi Tenggara, agar tanah yang sudah dihibahkan tersebut Jangan dibiarkan menjadi lahan kosong. Di upayakan agar segera dibangun gedungnya sehingga dapat berguna bagi masyarakat Baubau,” pungkasnya.  (adm)

Komentar
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry