Kunker di Buteng, Hardhy: Dominasi Pelaku Usaha Buteng Menyebar di Sultra

55

SATULIS.COM, BUTON UTARA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Utara (Butur) melaksanakan kunjungan kerja (Kunker) ke Kabupaten Buton Tengah (Buteng) dalam rangka Kajian Antara Daerah (KAD).

Tim KAD di pimpin langsung Sekretaris Daerah (Sekda) Butur Muh. Hardhy Muslim, di dampingi Asisten Pemerintahan dan Kesra selaku Plt. Kepala Dinas Pariwisata Mansur, Kepala Bappeda Harmin Hari, Kadishub Tayeb, bersama Wakil Ketua TP. PKK Butur, Amalia Ahali dan rombongan, serta sejumlah Pengurus Dewan Kerajinan Daerah (Dekranasda) Butur.

- Advertisement -

Kunjungan kerja perdana Pemkab Butur disambut Sekretaris Daerah Buteng Konstantinus Bukide, bersama Ketua TP. PKK Buteng, Jusniar Samahudin dan sejumlah pimpinan OPD terkait di Rumah Jabatan Bupati Buteng, Selasa (28/9/2021).

Sekda Butur, Muhammad Hardhy Muslim menjelaskan maksud dan tujuan Pemkab Butur berkunjung ke Kabupaten Buteng untuk meninjau langsung dan menggali informasi mengenai pengelolaan pariwisata yang di miliki Buteng. Juga beberapa hal yang sangat spesifik yang patut dipelajari terkait perdagangan dan kerajinan tenun.

Menurut Hardhy, sekalipun usia terbentuknya Kabupaten Butur lebih awal, tidak perlu malu hati untuk belajar kepada daerah yang lebih muda usia pemekarannya. Karena ada hal unik dan spesifik yang bisa dipelajari di Buteng, misalnya bidang perdagangan, sektor ini cukup maju dan berkembang di Sulawesi Tenggara (Sultra).

“Dominasi pelaku usaha perdagangan Buteng telah berhasil menyebar dan tumbuh di pasar-pasar kabupaten/kota yang ada di Sultra,” ungkap Mantan Camat Kulisusu Utara ini.

Mantan Kepala Bidang Fisik dan Prasarana Bappeda Kota Baubau juga mengungkapkan, rasa terimakasih atas penyambutan dan tawaran dari Pemkab Buteng. Untuk mengunjungi tempat wisata dan kampung tenun yang ada di Buteng. Semoga dengan adanya kunjungan ke objek wisata, bisa menjadi pembanding serta memiliki nilai tambah untuk kemajuan Sektor Pariwisata dan kerajinan yang ada di Butur.

Baca Juga :  Madrasah Aliyah Kulisusu Minta Perhatian Pemkab Butur

Sekretaris Daerah Kabupaten Buteng, Konstantinus Bukide dalam sambutannya pada saat menerima kunjungan Pemda Butur menginformasikan kondisi umum Kabupaten Buteng. Terkait sejumlah potensi yang dimiliki Buteng, baik mengenai sektor perdagangan, perindustrian dan pariwisata yang berada di Kabupaten Buteng.

Sekda Buteng juga memberikan informasi umum kepada jajaran Pemkab Butur mengenai berbagai obyek wisata yang dapat dikunjungi dan dinikmati setelah penyambutan kunjungan berakhir.

Beberapa objek wisata yang ditawarkan yakni Permandian Maobu, Kampung Tenun Desa Watorumbe Bata Kecamatan Mawasangka Tengah, Pantai Mutiara Kecamatan Mawasangka dan Wisata Alam Gua Koo.

Setelah penyambutan berakhir dilanjutkan dengan penyerahan cendera mata dari Dekranasda Buton Utara melalui Wakil Ketua TP PKK Butur, Ibu Amalia Ahali diterima Ketua TP PKK sekaligus Ketua Dekranasda Buton Tengah, Ibu Jusniar Samahudin dan langsung mengunjungi objek wisata dan kampung tenun di daerah Kecamatan Mawasangka Tengah dan Kecamatan Mawasangka. (Adm)

Peliput : Mus

Komentar