Pembukaan Media Center Jakarta PON XX Papua 2021

30

SATULIS.COM, JAKARTA – Media Center Jakarta di Jakarta Convention Center, Senayan, resmi dibuka sehari jelang perhelatan Pekan Olah Raga Nasional (PON) XX Papua 2021.

Dari Makassar ketika transit menuju Papua, Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, Atal S. Depari pun memberikan apresiasi atas dibukanya media center PON XX Papua.

- Advertisement -

“Media Center ini tidak ada pakai APBN, saya jamin. Ini pengabdian pers untuk olahraga nasional bekerja sama PWI dengan SIWO, Sportlink, LPDUK Kemenpora, KONI dan teman-teman profesional olah raga,” terang Atal S. Depari dalam sambutannya melalui aplikasi Zoom.

Dengan dibukanya media center ini, Atal berharap bisa berfungsi penuh menyebarkan informasi hasil pertandingan PON XX Papua secara cepat dan akurat. Tidak hanya di Jakarta, Media Center PON XX juga dipusatkan di tiga cluster masing masing di Jayapura, Kabupaten Mimika Papua dan Merauke.

“Teknologi digital memaksa informasi harus cepat, kalau lambat ketinggalan. Ini baru launching dalam beberapa hari ke depan media center akan terasa fungsinya,” ucap Atal.

Atal optimistis media center ini bisa memback-up informasi jalannya pertandingan PON di Papua.

“Saya mau nanya seperti apa persiapan menjelang pembukaan PON? Presiden sudah sampai di sana dan besok dibuka, saya berharap sekali PON ini menjadi tonggak sejarah baru di transformasi digital,” kata Atal, lebih lanjut.

Acara pembukaan dipandu CTO Didit tersebut digelar hibrid yang dihadiri langsung Humas KONI Pusat Ayu Dyah Pasha, Wakabid Organisasi KONI Pusat Gugun Yudinar, Sekjen PWI Pusat Mirza Zulhadi, Wakil Bendahara PWI Pusat Dar Edi Yoga,Humas PWI Pusat Mercys Charles Loho serta sejumlah awak media.

Ketua Umum KONI Pusat Marciano Noman dan Plt Direktur BLU Lembaga Pengelolaan Dana Usaha Keolahragaan (LPDUK) Kemenpora juga hadir secara virtual dari Papua.

Baca Juga :  Beredar Poster 'LBP For RI 1', Jubir: Luhut Tak Punya Niat Nyapres di 2024

Ayu Dyah Pasha bersyukur terwujudnya media center ini sehingga bisa membantu pemberitaan di PON XX Papua.

“Utamanya bagi rekan-rekan media, wartawan wartawati yang tidak sempat berangkat ke Papua, sehingga masyarakat di seluruh Indonesia bisa terus mengikuti berita-berita. Bersyukur sekali dengan kerja sama ini,” lanjut Ayu Dyah yang juga dikenal sebagai penyiar radio dan pembawa acara.

Dibuka Setiap Hari

Ayu Dyah yakin sarana yang digagas KONI Pusat bekerja sama dengan Sportlink, PWI Pusat dan juga Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) ini akan efektif karena berada di tengah-tengah kota.

“Posisi di JCC mudah untuk dijangkau dan mulai hari ini akan dibuka sehingga para wartawan dari media mana pun bisa mengakses berita-berita terbaru, fresh dari Papua terkait dengan penyelenggaraan PON XX,” tutur Ayu Dyah.

Media Center ini dibuka dari pukul 8 pagi sampai 20.00 WIB setiap harinya hingga 15 Oktober 2021. Dyah Pasha mengakui kendala jaringan internet yang harus bisa diatasi ke depannya.

“Namanya juga teknologi kadang-kadang masih ada kendala jaringan dan hari ini baru digunakan sehingga diharapkan dengan uji coba tadi kita bisa tahu kendala-kendala apa yang ada untuk selanjutnya bisa diatasi,” jelasnya.

Apalagi PON XX ini satu-satunya acara akbar yang baru ada selama terjadi pandemi hampir dua tahun, menurut dia, Kemenkominfo pasti akan berusaha untuk menyiapkan fasilitas dengan sebaik-baiknya.

“Kita pasti akan berusaha ke arah sana,” ucap Ayu Dyah Pasya seraya menambahkan rencana peluncuran aplikasi Sportblock dalam waktu dekat.

“Nanti bisa didownload. Jadi semua berita terbaru dari pesta akbar PON XX Papua ini bisa ditilik melalui aplikasi Sportblock,” imbuhnya. (Adm)

Komentar