Gelar Rakerda dan Rapimda, Golkar Baubau Fokus Pemenangan Pileg

81
Ketua DPD II Golkar Kota Baubau, H Zahari saat menyampaikan arahan dalam kegiatan Rakerda dan Rapimda Partai Golkar, Senin (11/10/2021)

SATULIS.COM, BAUBAU – Pengurus Partai Golkar tiga daerah, DPD Kota Baubau, Kabupaten Buton Selatan (Busel), dan Buton Tengah (Buteng) menggelar rapat kerja daerah (Rakerda) dan rapat pimpinan daerah (Rapimda) di Kota Baubau, Senin (11/10/2021).

Dalam kegiatan itu, Golkar mengusung tema “Sukses konsolidasi, menang Pileg, Pilpres, dan Pilkada 2024”.

Ketua DPD II Golkar Kota Baubau, H Zahari mengatakan, Rakerda dan Rapimda merupakan agenda yang sudah diamanahkan hasil Munas, Rapimnas, yang kemudian dilanjutkan ditingkat Provinsi.

- Advertisement -

Saat ini kata Zahari, DPD Golkar Baubau dipercayakan menjadi penyelenggara. Khusus pihaknya, menyikapi dinamika politik, adanya Undang-Undang menyangkut Pilkada serentak.

Melalui Rakerda dan Rapimda juga kata Zahari, pihaknya membahas, menganalisa strategi yang sudah dirumuskan sejak awal saat Musyawarah daerah DPD Golkar tahun lalu. Menargetkan keterwakilan Golkar di DPRD Baubau menjadi lima kursi, bertambah dari yang saat ini, empat kursi.

“Kita targetkan lima kursi, supaya kita bisa tentukan calon walikota sendiri. Kita yakin, apalagi tidak ada lagi partai penguasa (berakhir masa jabatan walikota-wakil walikota, red),” kata Zahari, optimis.

Lebih lanjut Zahari menuturkan, pihaknya segera merespon arahan DPP Golkar, untuk bergerak lebih awal, melakukan kerja-kerja politik, menyatu dan dekat dengan masyarakat. Langkah ini akan dimulai dengan melakukan perekrutan bakal caleg, usai Rakerda dan Rapimda ini.

“Kami merespon DPP bahwa kami harus brgerak lebih awal. Melakukan perekrutan, termasuk jender 30%, dan selanjutnya disosialisasikan melalui baliho untuk mendapatkan masukan dari masyarakat,” tambahnya.

Zahari menjelaskan, pihaknya menyiapkan mekanisme perekrutan bakal caleg nantinya. Figur yang diterima adalah mereka yang bersungguh-sungguh, ditandai dengan masuknya dalam kepengurusan, terdaftar sebagai anggota Golkar, dengan kepemilikan KTA.

Dalam hal perekrutan Caleg, pihaknya akan menjaring 200% hingga 300% dari kuota Caleg. Kemudian akan dilakukan verifikasi serta survei tingkat penerimaan di masyarakat. Para caleg kemudian akan dipasangkan baleho pada beberapa titik strategis.

Baca Juga :  Febri Hidayat Mendaftar di Tiga Partai Sekaligus

“Kami yakin akan mencapai atau melebihi target karena saat ini pengurus sangat solid, kompai mulai dari tingkat rt, kelurahan, kecamatan, sampai DPD,” yakinnya.

Sebelumnya, Sekretaris DPD Golkar Sultra, Muhamad Basri, mengungkapkan, Golkar Sultra fokus menggelar Rapimda dan Rakerda selama sebulan penuh, guna menguatkan konsolidasi pada 17 Kabupaten/Kota. Merujuk pada AD/ART, digelar dua kali dalam satu periode kepengurusan, sesuai kondisional Partai.

“Rakerda dan Rapimda membahas penajaman program prioritas dan strategis, mewujudkan kemenangan serta kejayaan Partai Golkar dalam agenda politik kedepan,” ungkap Basri, ditemui usai membuka Rakerda dan Rapimda.

Basri menuturkan, saat ini Golkar sudah mempersiapkan strategi pemenangan Pileg dan Pilpres. Mempersiapkan kader terbaik yang siap maju dan menang dalam perhelatan politik.

Kata Basri, mempersiapkan pemenangan kedepan, Golkar mengusung Ketua Umum Airlangga Hartarto sebagai calon Presiden, dan figur-figur mumpuni, yang memiliki elektabilitas tertinggi untuk Pileg dan Pilkada. Mengedepankan kader, dengan sistem verifikasi secara ketat.

Menyinggung perolehan suara di Baubau sendiri, Basri mengapresiasi kinerja Ketua DPD Golkar Baubau, H Zahari, yang bisa mengkoordinasikan, menyolidkan pengurus, sehingga bisa meraih perolehan suara terbanyak, dan menghantarkan empat kader sebagai anggota DPRD Baubau. H Zahari sendiri memimpin sebagai Ketua DPRD Baubau.

“Haji Zahari berpotensi kuat, bisa mencapai suara signifikan, meskipun bukan partai penguasa. Keberhasilan ini jangan sampai anjlok. Bahkan harus ditingkatkan lagi,” kata Basri, yang menambahkan, bahwa target Golkar Sultra mengkonsolidasikan program untuk bisa dilaksanakan ditengah masyarakat.

Harapannya, Rakerda dan Rapimda bisa menghasilkan keputusan strategis untuk memenangkan setiap agenda politik. Sesuai arah dan tujuan Partai. (Adm)

Peliput : Gunardih Eshaya

Komentar
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry