Diikuti 1.421 Orang, Bupati Arusani Buka Kemah Budaya Kwarcab Pramuka Busel

103

SATULIS.COM, BUTON SELATAN – Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Buton Selatan (Busel) menggelar Upacara Kemah Budaya dengan tema “Pramuka Ceria, Bersahabat, dan Berbudaya”. Upacara kemah budaya ini dibuka langsung Bupati Buton Selatan, H La Ode Arusani di Bumi Perkemahan La Ode Wiridi, Kelurahan Masiri, Ahad 24 Oktober 2021.

Jumlah peserta kemah sebanyak 1.421 orang. Terdiri dari kelompok siaga 96 gudep (SD), Penggalang 87 gudep (SMP), dan Penegak 19 Gudep (SMA).

- Advertisement -

Bupati dalam arahannya mengatakan, perkemahan ini adalah merupakan perkemahan perdana yang dilaksanakan di bumi perkemahan milik Gerakan pramuka sendiri. Ini adalah bentuk kepedulian Pemerintah Kabupaten Buton Selatan terhadap pendidikan generasi muda khususnya pendidikan kader pembangunan melalui gerakan pramuka.

“Gerakan Pramuka Buton Selatan adalah Kwartir Cabang yang baru terbentuk, tapi Alhamdulillah kita telah mampu mensejajarkan diri dengan kawartir cabang di jazirah Sulawesi Tenggara,” katanya.

Sebagai komitmen nyata, kesempatan ini juga digunakan Bupati Buton Selatan dengan menyerahkan lahan tersebut untuk digunakan sebagai pusat pendidikan dan latihan bagi kegiatan alam terbuka atau bumi perkemahan bagi kadir gerakan pramuka Buton Selatan.

Dikatakan, bumi perkemahan merupakan sarana penting yang harus dimili gerakan pramuka, karena di bumi perkemahan inilah tempat pra pramuka menunjukan jati dirinya sebagai insan yang cinta alam dan kasih sayang sesama manusia, membina sikap dan semangat bela negara yang patriot, meningkatkan keterampilan dan menajamkan rasa dan toleransinya sehingga kelak menjadi manusia yang suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan.

“Untuk lahan bumi perkemahan La Ode Wiridi sekarang ini sekitar 3 hektare dan akan kita tambah lagi menjadi 10 hektare. Ke depannya juga agar perkemahan seperti ini digilir di setiap kecamatan,” katanya.

Baca Juga :  Pengrusakan Kantor Bupati Busel, Polisi Diminta Serius Kejar Dua DPO

Bupati juga berharap tempat ini dapat digunakan dengan sebaik-baiknya, peliharalah kelestarian alamnya sehingga tempat ini dapat menjadi salah satu destinasi wisata alternatif bagi para petualang pecinta alam terbuka, pertahankanlah keasrian hutan, tanah dan airnya, sehingga alamnya menjadi sejuk dan nyaman untuk dijadikan sebagai tempat berlibur dan mecari inspirasi.

“Semoga dengan kemah budaya Kwarcab Buton Selatan 2021 ini, para pramuka Buton Selatan semakin bersemangat, senang berhabat serta mencintai budayanya,” tandasnya. (Adm)

Komentar
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry