Pemkot Baubau Target Vaksin 17 Ribu Anak Usia 6-11 Tahun

81
Muslimin Hibali

SATULIS.COM, BAUBAU – Program Vaksinasi untuk anak usia 6 – 11 tahun mulai bergulir pada Desember 2021. Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau sendiri baru melaksanakan program tersebut pada Januari 2022. Target sasarannya mencapai 17 ribu anak.

Sekretaris Satgas Covid-19 Kota Baubau, Muslimin Hibali mengatakan, rapat terkait persiapan pelaksanaan vaksinasi anak usia 6-11 tahun dipimpin langsung Plt Walikota Baubau, La Ode Ahmad Monianse, dihadiri perwakilan TNI/Polri, dinas Kesehatan, dinas pendidikan.

- Advertisement -

“Tindak lanjut hasil rapat kemudian mengundang para kepala sekolah dan komite sekolah untuk duduk bersama-sama membahas teknis pelaksanaan,” beber Muslimin Hibali di ruang kerjanya,” Kamis (20/01/2022).

Lebih lanjut dikatakan Muslimin Hibali, vaksin yang akan digunakan ialah Sinovac dengan kadar lebih kecil dari orang dewasa. Untuk memperlancar kegiatan, setiap titik pada masing-masing sekolah akan ditempatkan dokter. Sekaligus melakukan sosialisasi terhadap orang tua siswa guna menangkal informasi hoax yang berkembang bahwasanya vaksin berbahaya.

“Akan ada hadiah yang diundi di setiap sekolah nantinya,” kata Muslimin Hibali.

Muslimin Hibali juga menghimbau para orang tua murid, utamanya yang masih ragu agar segera berkonsultasi dengan dokter sehingga mendapatkan pencerahan.

Selain itu, berkaitan dengan adanya varian baru Covid-19, tim Satgas akan kembali mengintensifkan penyemprotan disinfektan pada setiap sekolah serta fasilitas rumah ibadah.

Sebagai catatan, Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof. Wiku Adisasmito, menekankan bahwa meskipun anak usia 6 – 11 tahun sudah bisa divaksin, namun vaksin bukan syarat mutlak mengikuti Pembelajaran Tatap Muka (PTM). Karenanya meskipun anak-anak belum divaksin, tetap bisa mengikuti PTM di sekolah.

“Harap menjadi catatan bahwa vaksinasi COVID-19 pada anak tidak menjadi prasyarat dari pembelajaran tatap muka,” tegas Wiku dalam Keterangan Pers Perkembangan Penanganan COVID-19, Selasa (14/12/2021) yang juga disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden. (Adm)

Baca Juga :  80 Warga Binaan Lapas Baubau Ikut Pendidikan Agrobisnis

Penulis : Gunardih Eshaya

Komentar