Reses di Kecamatan Wolio, Fajar Ishak Tawarkan Baubau Perkuat Industri Rumahan

80
Ketgam : Anggota DPRD Sultra, Fajar Ishak menggelar reses di Kecamatan Wolio, Kota Baubau, Kamis (02/06/2022)

SATULIS.COM, BAUBAU Anggota DPRD Sulawesi Tenggara (Sultra), Fajar Ishak Daeng Jaya, SE, MSi kembali melanjutkan reses di Kota Baubau, Kamis (02/06/2022) di aula kantor Kecamatan Wolio.

Dihadapan peserta reses, legislator Hanura Sultra ini menawarkan program Kota Baubau ke depan menjadi sentra atau pusat pembuatan baju adat buton dengan sistim industri rumahan (home industri).

Dikatakan, Kota Baubau dan daerah sekitarnya seluruh wilayah Buton Raya atau Kepulauan Buton memiliki agenda festival budaya pada setiap tahunnya. Untuk itu, kebutuhan pakaian adat atau pakaian sentuhan adat yang jumlahnya tidak sedikit.

- Advertisement -

“Belum lagi kebutuhan pakaian adat atau pakaian sentuhan adat untuk orang buton yang berdomisili diluar pulau buton bertebaran dalam wilayah nusantara dan jumlahnya sangat banyak,” paparnya.

Ketgam : Anggota DPRD Sultra, Fajar Ishak berFoto bersama usai kegi

Untuk itu, kata Fajar dengan kondisi yang ada pihaknya berharap masyarakat memanfaatkan peluang ini untuk meningkatkan kesejahteraan. Salah satunya, dengan pengembangan home industri pembuatan baju adat Buton.

“Jadi kita fasilitasi dengan alat produksinya berupa mesin jahit serta pelatihan untuk membuat baju adat. Manfaatnya bisa dirasakan selain cakap menjahit juga bisa menghasilkan pemasukan tambahan untuk kebutuhan,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu juga, pihaknya juga ingin menyapa langsung masyarakat dengan mendengarkan masukan dan permintaan yang selama ini menjadi keluhan warga. Salah satunya terkait kenaikan honor RT/RW.

“Sebagai garda terdepan dalam pelayanan masyarakat honor yang selama ini diterima masih sangat kecil. Sehingga kami berharap keluhan ini bisa disampaikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan,” kata salah satu warga yang hadir.

Sementara itu, Camat Wolio, Jufrin, memberikan apresiasi kepada anggota DPRD Sultra, Fajar Ishak Daeng Jaya SE, MH yang berkesempatan melaksanakan reses di Kecamatan Wolio dengan mendengarkan langsung masukan dan permintaan dari warga.

Baca Juga :  DPRD Baubau Inginkan APBD Pro Rakyat

Kegiatan reses ini juga di hadiri Lurah Batulo, Lurah Wangkanapi dan seluruh RT/RW di Kecamatan Wolio.

Dalam masa reses sidang ke dua DPRD Sultra, Fajar Ishak akan turun langsung ke masyarakat Kota Baubau dan sekitarnya sebagai daerah pemilihannya. (***)

Komentar
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry