Kunjungi Stand Baubau dan Wakatobi, Ini Barang yang Dibeli Ibu Negara

541
Ketgam: Ibu Negara, Iriana Joko Widodo berpose bersama di stand milik Pemkot Baubau di Wakatobi, Kamis (09/06/2022). Foto: Ist.

SATULIS.COM, WAKATOBI – Disela-sela kunjungan kerjanya di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra), Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo menyempatkan diri mampir di stand milik Pemkot Baubau dan Pemkab Wakatobi. Tak sekedar melihat-lihat, Presiden dan Ibu Negara memborong beberapa barang yang akan dijadikan “buah tangan” ketika kembali ke Jakarta.

Hak itu diungkapkan Kepala Bidang UMKM Kota Baubau, Siti Nur Ambani, saat di temui SATULIS.COM di stand Kota Baubau. Ia mengungkapkan, Presiden dan Ibu Iriana Jokowi sempat singgah di stand Baubau dan berbelanja produk hasil kerajinan dari Kota Baubau dibawah binaan Dekranasda Kota Baubau. Barang yang dibeli, yakni kerajinan dari kulit kerang mabe.

Ketgam: Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara, Iriana Joko Widodo saat menyambangi stand milik Pemkot Baubau dan diperlihatkan syal tenunan khas Baubau bermotif Pahlawan Nasional, Oputa Yi Koo, Kamis (09/06/2022). Foto: Ist.

“Beliau mengambil kerajinan dari kulit kerang mabe. Dan kebetulan tadi habis beliau berbelanja, datang dari Paspampres untuk meminta kartu nama, katanya beliau (Ibu Iriana) sangat menyukai kerajinan asal Kota Baubau,” ujarnya Kamis (09/06/2022).

- Advertisement -

Istri dari Kabag SDM Polres Kota Baubau, Kompol Anwar itu menambahkan, waktu yang diluangkan Presiden dan Ibu Negara terbilang lama di stand Kota Baubau untuk melihat-lihat hasil kerajinan tangan. Karena tertarik dengan kerajinan dari kulit mabe, Ibu dari Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka itu sempat bertanya-tanya seputar kerajinan yang dimaksud.

“Tadi, ditanya apakah ada di Baubau? Saya jawab ada dan kebetulan ada budidaya disana dan ini hasil budidaya sudah di ekspor ke luar negeri. Makanya tadi di borong semua,” jawabannya.

Ketgam: Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara, Iriana Joko Widodo saat menyambangi stand milik Pemkab Wakatobi, Kamis (09/06/2022). Foto: Ist.

Sementara itu, saat berkunjung di stand milik Kabupaten Wakatobi, Presiden dan Ibu Iriana Jokowi membeli 6 lembar kain tenun Boke khas Kaledupa dan Patuno dan kampurui sebanyak 10 lembar. Selain itu, Ibu Negara juga memborong semua cemilan khas Wakatobi, baju kaos couple Wakatobi dengan tas motif tenun boke, hasil kerajinan natural Sanamisi Production dan ANH dan kerajinan lainnya.

Baca Juga :  Keharmonisan Keluarga Benteng Utama Jauhkan Anak dari Narkoba

“Ibu (Iriana Jokowi, red) tertarik dengan tenun Boke, warna merah, sampai habis yang warna merah di beli,” singkat Nisa perwakilan Dekranasda Kabupaten Wakatobi.

Sekedar diketahui, agenda Presiden Joko Widodo di Wakatobi selain membuka secara resmi kegiatan Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) Summit 2022, juga meresmikan tiga pelabuhan penyeberangan dan satu unit kapal penyeberangan untuk memperlancar konektivitas antarpulau di Wakatobi, Sulawesi Tenggara, Kamis (9/6/2022).

Ketiga pelabuhan penyeberangan tersebut adalah Pelabuhan Kaledupa, Pelabuhan Tomia, dan Pelabuhan Binongko. Sementara, satu unit kapal penyeberangan yaitu Kapal Motor Penumpang (KMP) Sultan Murhum II. Kapal roro ini akan dioperasikan untuk melayani angkutan penyeberangan perintis rute Kamaru – Kaledupa, Kaledupa- Tomia, dan Tomia – Binongko dengan trip empat kali seminggu.

Dengan diresmikannya satu unit kapal, saat ini di Pulau Wakatobi dilayani oleh dua kapal yaitu KMP Bahtera Mas II dan KMP Sultan Murhum II. Kedua kapal ini akan melayani lintas penyeberangan di Kabupaten Wakatobi dengan rute Kamaru – Wanci – Kaledupa – Tomia – Binongko PP.

Penulis: Arjuno
Editor: Hariman

Komentar
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry