Operasi Patuh Anoa Digelar, Tidak Ada Toleransi untuk Pelanggaran Ini

790
Ketgam: Kapolres Baubau, AKBP Erwin Pratomo. Foto: Firman/SATULIS.COM

SATULIS.COM, BAUBAU – Polres Baubau akan menggelar operasi patuh Anoa. Operasi tersebut dilaksanakan selama 14 hari kedepan yang di mulai Senin, (13/06/2022) sampai Minggu (26/06/2022). Operasi tersebut melibatkan satu peleton personil Polres Baubau.

Kapolres Baubau AKBP Erwin Pratomo mengatakan, kegiatan operasi patuh merupakan cipta kondisi kemanan, keselamatan ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcar lantas) menjelang hari Bhayangkara di wilayah hukum Polres Baubau.

” Ya, Sebanyak 30 personil, untuk melaksanakan operasi patuh Anoa tahun 2022,” beber Erwin saat diwawancara sejumlah awak media di depan halaman polres Baubau, Senin (13/06/2022).

- Advertisement -

Meski kegiatan operasi patuh tersebut mengedepankan sikap preemtif (himbauan) dan preventif (pencegahan), namun tidak mengabaikan aspek penegakan hukum.

Dua melati di pundaknya menambahkan, operasi patuh tidak akan mentoleransi adanya masyarakat yang melanggar hukum dalam berlalu lintas bagi pengguna jalan.

“Jadi, aspek-aspek penegakan hukum adalah pelanggaran-pelanggaran dapat menimbulkan fatalitas, seperti kecepatan tinggi, etika di jalan raya zig-zag, standing, dan muatan yang melebihi, menerobos lampu merah, tidak menggunakan helm, kami tidak akan mentoleransi,” tegas Erwin.

Operasi patuh Anoa di laksanakan tidak secara stasioner (satu tempat) namun di laksanakan secara mobile yang di anggap wilayah rawan potensi pelanggaran. Dan akan menggunakan metode Hending sistem. dimana Hending sistem mengacu pada kerangka dari pada potensi-potensi kerawanan lalulintas yang sudah kita petakan beberapa titik.

“Kita akan patroli mobiling sekaligus patroli blog, dan tidak mencari kesalahan tetapi kita berdasarkan fakta dan bukti. Ada temuan sesuai dengan unsur-unsur dalam kegiatan operasi patuh ini kita akan tindak lanjuti,” kata Erwin.

Orang nomor satu di wilayah hukum Polres Baubau berharap, agar masyarakat bisa mendukung, kegiatan operasi patuh dapat dilaksanakan hingga Minggu (26/06/2202). Serta selama operasi tertib untuk sama-sama ciptakan Kamseltibcar di Kota Baubau.

Baca Juga :  Terciduk Bawa Sabu, Oknum ASN Busel Ditangkap

Penulis : Firman
Editor : Hariman

Komentar
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
2