LSP Bunaken Gelar Uji Sertifikasi Kepariwisataan

8
Ketgam: Bupati Wakatobi H Haliana SE, saat membuka Kegiatan uji sertifikasi pariwisata disalah satu hotel di Wakatobi. Foto : Arjuno/SATULIS.COM

SATULIS.COM, WAKATOBI Dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang berkompeten di bidang kepariwisataan, LSP Bunaken melaksanakan uji kompetensi sertifikasi di sektor kepariwisataan bidang hotel dan restoran, biro perjalanan wisata, spa, dan kepemanduan.

Kegiatan yang di gelar di salah satu hotel di Wakatobi itu, di buka langsung oleh Bupati Wakatobi H Haliana SE. Dimana dalam sambutannya, orang nomor satu di Wakatobi itu menyatakan, semua daerah – daerah yang maju kepariwisataan, khususnya yang di Indonesia, disamping di dukung sadar Wisata dari seluruh elemen masyarakat, juga di dukung sumber daya manusianya.

“Alhamdulillah kabupaten Wakatobi menjadi prioritas kementrian pariwisata RI untuk menyeimbangkan SDM sekaligus juga untuk mempersiapkan generasi kita di kabupaten Wakatobi, supaya kita bekerja atau membuka lapangan kerja dengan kompetensi yang bagus,” ujar Haliana, Senin (17/10/2022).

- Advertisement -

Kepada para peserta, politisi PDI-P itu
berpesan agar jangan hanya menargetkan untuk mendapatkan sertifikat dari uji kompetensi tersebut, karena Sertifikat merupakan lambang bahwa pernah mengikut suatu kegiatan. Tetapi pertanggung jawabannya adalah kemampuan sesuai dengan sertifikat yang telah di berikan.

“Pesan saya kepada para peserta manfaatkan sebaik-baiknya para asesor kita dari berbagai di disiplin ilmu dan ke keahlian karena ini adalah kesempatan yang sangat luar biasa saya pikir ini bukan kesempatan yang mudah untuk kita minta setiap saat,” tuturnya

Ditemui di tempat yang sama, kepala Dinas Pariwisata dan Ekraf k
Kabupaten Wakatobi, Nadar menyatakan uji kompetensi sertifikasi tenaga kerja SDM kepariwisataan di selenggarakan LSP pariwisata Bunaken Indonesia dan di ikuti berbagai stek holder kepariwisataan di Wakatobi mulai dari mewakili industri, komunitas, dan ada juga aktivitas akademika KKP kabupaten Wakatobi.

Baca Juga :  Haliana : Dengan Nilai-Nilai Ke Islam Kita Bangun Generasi Wakatobi

“Skema bidang yang di uji kompetensikan ini banyak, tapi jika di klasterkan ada 4 bidang yang pertama hotel dan restoran, biro perjalanan wisata, spa, dan ke pemanduan,” ujarnya

Kata dia, pelaksanaan uji sertifikasi SDM Kepariwisataan Deputi Bidang Sumber daya dan kelembagaan kementerian pariwisata dan ekonomi kreatif hanya di laksanakan di  6 destinasi Wisata Indonesia salahnya Wakatobi dan  mendapatkan dukungan dari word bank kerjasama dengan kementrian pariwisata dan ekonomi kreatif RI, untuk menggenjot proses sertifikasi terhadap SDM kepariwisataan tahun 2022 dan 2023.

“Kuota secara nasional ada 45000 ribu dan Wakatobi mendapatkan kuota 4500 tahun 2022  ini targetnya ada 1500 orang dan tahun 2023, targetnya 3000 orang,” pangkasnya. (Adm)

Penulis : Arjuno

Komentar
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry