Wali Kota Monianse Libatkan Semua Pihak Genjot Pembangunan Baubau

11
Ketgam : Rapat Paripurna DPRD Kota Baubau dalam rangka perayaan Hari jadi Baubau ke 481 dan HUT Kota Baubau ke 21 sebagai daerah otonom

SATULIS.COM, BAUBAU – Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse di hadapan Sidang Paripurna DPRD Kota Baubau Senin (17/10/2022), memberikan apresiasi dan terima kasih kepada semua pihak. Baik pimpinan dan anggota DPRD Kota Baubau, Forkompinda Baubau, pimpinan perguruan tinggi serta lembaga masyarakat yang terus membangun suasana kondusif di Baubau. Karena dalam suasana yang aman damai tenteram serta berkolaboratif inilah dapat melaksanakan tahapan pembangunan daerah dengan sebaik-baiknya.

Seiring berputarnya waktu, beredar dan berputarnya dimensi kehidupan bulan dan tahun berganti tidak terasa hari Ulang Tahun Kota Baubau ke-21 sebagai daerah otonom merupakan tahun terakhir dari kepimpinan Tampil Manis. Sebuah sunatullah tentu sudah menggariskan semua ini sehingga berada di domain besar yang bernama pemerintahan.

Menurut La Ode Ahmad Monianse, kilas balik pemerintahan dan konsepsi berpikir dimulai sejak tahun pertama pemerintahan Tampil Manis. Di mana, telah bertekad untuk memulai hidup baru pemerintahan dan pembangunan  dengan spirit  bersama untuk bangkit dengan mengajak semua pihak menambah laju kecepatan dalam bekerja untuk membangun daerah ini.

- Advertisement -

Maka dalam 1 tahun perjalanan masih melakukan konsolidasi internal dan memberikan penguatan, intervensi serta perubahan paradigma berpikir dengan selalu mengingatkan pada satu kata kemajuan yaitu chance atau perubahan sebab disadari bahwa perubahan secara individu ataupun kolektif pada pola pikir atau mindset dari perubahan paradigma atau cara memandang kehidupan merupakan syarat menentukan arah prioritas dalam bekerja dan membangun daerah ini.

Karena itu, sebagai konsekuensi logis dari perubahan tersebut diperlukan kemampuan yang cerdas dan tepat dalam memandang diri dan lingkungan mengenali kemampuan dan pemahaman yang dimiliki mendayagunakan potensi dan kesempatan yang ada melalui perencanaan akurat dan terukur. Ciri pertama dari sebuah perubahan adalah mampu mengenal dan memahami secara mendalam dari mana  memulai dan di mana yang kita tuju.

Baca Juga :  Tiga Besar Peserta Lelang Jabatan Dipanggil Ke Rujab Walikota

Sehingga, dengan mengusung ikon Tampil Manis diyakini akan ada semacam daya dorong atau optimasi dari seluruh pemangku kepentingan didaerah ini berpacu membangun lebih cepat lebih cerdas dan lebih giat dari sebelumnya sehingga terjadi percepatan atau akselerasi dalam berbagai sektor termaksud sektor pelayanan publik. Oleh sebab itu, selama hampir 1 tahun perjalanan, Tampil Manis telah mampu meletakkan fondasi arah dan orientasi pemerintah dalam pembangunan Kota Baubau.

Lebih lanjut dijelaskan, memperingati hari ulang tahun secara filosofis bermakna retrospektif yaitu dengan sebuah pendekatan dengan berupaya untuk menengok masa lalu yang sangat bernilai sebagai sebuah mata rantai sejarah dan sebuah masa lalu adalah fondasi yang sangat bernilai sebagai refleksi menapaki masa kini dan masa depan.

Refleksi hari ini memperingati HUT dijadikan sebagai sarana mawas diri atau introspeksi diri dengan demikian setiap etape perjalanan kehidupan ini selalu bermakna dan mampu memberikan jawaban atas persoalan kekinian serta responsive terhadap tantangan ke depan. Perspektif artinya melalui perayaan HUT, berupaya untuk mendesain atau merancang sebuah formasi  masa depan berlandaskan keadilan dan dinamika kekinian tanpa melupakan nilai-nilai dan peristiwa bersejarah di masa yang lalu.

“Sebagai warga Kota Baubau kita wajib bersyukur dengan menjadikan HUT sebagai sebuah inspirasi dan motivasi untuk mengisi kembali setiap detik perjuangan daerah dengan karya dan prestasi lalu membingkai perjalanan hari ini dan ke depan dengan kerja-kerja produktif demi meraih cita-cita harapan akan masa depan lebih baik. Eksistensi, prestasi kreasi pemerintah dan masyarakat Baubau adalah wujud rasa cinta dan kepada daerah ini sebagaimana terukir dalam tema peringatan HUT Kota Baubau ke-21 tahun 2022 Haroana Baubau,” ungkapnya.

Ditambahkan, kini identitas dan simbol Kota Baubau sudah mulai terbentuk, proses pembangunan sedang menuju momen penentuan kembali identitas dan eksistensi diri. Pemerintah dan masyarakat bersatu dengan irama dengan langkah yang padu untuk membangun daerah ini dengan penguatan dan keunggulan yang dimiliki. Bersama-sama bekerja sama bahu membahu untuk kepentingan masyarakat Baubau.

Lebih lanjut diungkapkan, jika dilihat dari pembangunan Kota Baubau yang saat ini semakin maju dengan capaian pembangunan ekonomi secara makro masyarakat berdasarkan indikator PDRB masih dalam kategori baik pasca pandemi Covid-19 lalu. Ekonomi Baubau tumbuh sebesar 4,15 persen, hal ini menandakan ekonomi Baubau sudah mulai bangkit. Adapun tingkat kemiskinan Baubau berada pada angka 7, 78 persen tahun 2021 atau mengalami peningkatan sebesar 0,63 persen dari tahun 2020 serta IPM Kota Baubau juga cenderung meningkat sebesar 76,26 persen.

Baca Juga :  Buka Turnamen U23 Voli dan Basket, Monianse Harap Akan Lahir Atlet Berprestasi

Hal ini membuktikan bahwa intervensi kebijakan pemerintah daerah memberikan pengaruh signifikan terhadap fundamental ekonomi daerah fiskal kita tetap terjaga. Di sisi lain angka pengangguran pada tahun 2021 sebesar 6, 87 persen atau mengalami peningkatan sebesar 0,3 persen dibanding tahun 2020. Tentunya hal ini akan memberikan pengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi dan tingkat kemiskinan serta sektor pembangunan lainnya. Jika kita mewujudkan impian Visi maju sejahtera dan berbudaya akan menjelma menjadi nyata dalam capaian indikator makro daerah Kota Baubau.

“Beberapa capaian indikator tersebut merupakan tolak ukur pembangunan daerah demi mencapai kesejahteraan masyarakat, visi tersebut tidak hanya indah dalam retorika namun mulai terwujud dalam karya dan prestasi. Visi ini telah menjadi semacam motivasi  memompa semangat kebersamaan dalam membangun daerah. Spirit untuk senantiasa membangun kebersamaan inilah akan menjadi kekuatan pemerintah daerah Kota Baubau bangkit dari keterpurukan pasca Covid-19,” tutupnya. (Adm)

Komentar
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry