Bupati Malang Lakukan Inovasi Pangan Berbasis Kearifan Lokal

54
Ketgam : Bupati M. Sanusi saat menyampaikan presentasi di depan Tim Juri Anugerah Kebudayaan PWI Pusat 2023 di Kantor PWI Pusat, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, belum lama ini.

SATULIS. COM, JAKARTA – Bupati Malang H Muhammad Sanusi MM menyadari potensi Kabupaten Malang, Jawa Timur, dalam bidang pangan. 

Kabupaten Malang, memiliki kondisi topografi  yang dikelilingi oleh pegunungan dan laut sehingga sangat mendukung pengembangan pertanian dan perikanan.

“Bahan pangan merupakan salah satu aspek penting dalam mendukung kehidupan manusia, di mana hal ini menempati urutan pertama dalam kebutuhan pokok manusia,” tegas Bupati M. Sanusi saat menyampaikan presentasi di depan Tim Juri Anugerah Kebudayaan PWI Pusat 2023 di Kantor PWI Pusat, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, belum lama ini.

Saat presentasi Bupati M. Sanusi, membawa sejumlah hasil produk pangan seperti alpukat, kopi, bawang merah, olahan ikan tuna dan hasil pangan lainnya sehingga ruang rapat PWI Pusat itu menjelma jadi pasar pertanian.

Bupati Malang ini terpilih menjadi salah seorang penerima Anugerah Kebudayaan PWI Pusat 2023 bersama 10 bupati/wali kota berdasarkan hasil keputusan Tim Juri.

Tim juri terdiri dari Yusuf Susilo Hartono (Ketua Tim Juri/wartawan budaya), Agus Dermawan T (pengamat kebudayaan dan seni), Atal S. Depari (Ketua PWI Pusat), Dr. Ninok Leksono (wartawan senior/Rektor Universitas Multimedia Nusantara), dan Dr. Nungki Kusumastuti (Dosen IKJ, penari, artis film dan sinetron). 

Bupati Sanusi yang pernah menjadi  guru dan dosen ini  melakukan inovasi dan menciptakan program unggulan yang bertujuan untuk kesejahteraan  penduduk Kabupaten Malang yang kini berjumlah 2.611.907 jiwa.

“Pemerintah Kabupaten Malang melakukan penelitian dan pengembangan pangan secara terus-menerus  dengan menggandeng lembaga pendidikan, lembaga penelitian, pelaku usaha pangan, dan masyarakat,” katanya.

Bupati menegaskan: “Inovasi pangan dilakukan berbasis kearifan lokal dan informasi global.” Hasilnya luar biasa dan membuat bangga. Dari kabupaten ini  muncul sejumlah komoditas unggulan dalam bidang pertanian, peternakan, dan  perikanan,

Kabupaten  Malang, Jawa Timur, kini memiliki 13 komoditas unggulan yang diekspor ke luar negeri. Cabai rawit dikirim ke Malaysia dan Singapura. Manggis ke Cina. Singkong beku ke Belanda, Amerika Selatan, Arab Saudi, dan Jerman. Sayur ke Cina dan Taiwan serta pakan ternak ke Brunei Darussalam.

“Kami mempunyai program unggulan untuk pisang sehingga bisa diekspor ke Hong Kong. Ada pisang Sang Mulyo mempunyai berat per tandan 55 s/d 70 kg. Jumlah sisirnya  17 sampai dengan 21,” ungkapnya.

“Pisang Sang Mulyo akan menjadi salah satu varietas dalam pengembangan pisang 1 juta batang di Indonesia yang benihnya diproduksi melalui kultur jaringan atau pecah bonggol. Pisang raksasa Sang Mulyo Malang ini menarik perhatian Presiden Joko Widodo,” tutur Bupati M. Sanusi dengan bangga.

Program unggulan lainnya adalah alpukat. Saat ini kabupaten tersebut  memiliki  lahan tananam alpukat seluas sekitar 6.992 hektare.

“Satu buah alpukat beratnya bisa mencapai dua kilogram. “Alpukat ini telah mendapat perhatian dari Gubernur Jawa Timur Ibu Khofifah  Indar Parawansa,” tuturnya.

Di bidang peternakan Bupati Sanusi memperkenalkan program “Intan Berpatri Emas” yang tidak lain singkatan dari “inseminasi buatan beranak empat ratus ribu ekor masyarakat sejahtera”.

Tujuan dari program “Intan Berpatri Emas” antara lain  percepatan peningkatan populasi ternak sapi melalui kawin suntik (inseminasi buatan), meningkatkan nilai jual ternak, dan pendapatan serta kesejahteraan peternak.

“Selain dapat memenuhi kebutuhan sendiri, Kabupaten Malang kini bisa mengekspor susu ke Singapura, Malaysia, Hong Kong, Brunei Darussalam, Maladewa, dan Myanmar,” paparnya.

Dengan mengandalkan kearifan lokal dan berbasis informasi, Bupati Sanusi  mendorong penduduknya  untuk membangun perikanan, yakni beternak lele, nila, serta menangkap tuna.

Menggunakan kekuatan bahasa, Sanusi menciptakan sejumlah istilah menarik untuk mengembangkan usaha perikanan sehingga langsung mudah dicerna oleh masyarakat.

Ada istilah dan program “Dini Siswa Malang” yang tak lain  singkatan dari “Budidaya Nila Sistem Kawasan di Kabupaten Malang”  di Desa Pandanajeng, Kec. Tumpang, dan Desa Bangelan, Kec. Wonosari. Program ini mendapat dukungan penuh dari  BUMDES.

Istilah dan program lain yang juga tidak kalah seksi adalah “Kolega” untuk membangun kawasan budidaya lele. “Kolega” tidak lain adalah “Kolam Lele Keluarga”. Istilah dan program tersebut sangat mudah dipahami masyarakat.

Masih berkaitan dengan program Perikanan, Bupati Sanusi menciptakan istilah dan program “Kalaju”. Ini singkatan dari  “Kampung Nelayan Maju” di  Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan.

Produk unggulan dari “Kalaju”  adalah ikan tuna yang telah dipasarkan untuk industri pengolahan ikan di Bali, Surabaya, dan Jakarta serta untuk ekspor. 

Tidak hanya produksi ikan yang digenjot. Budaya maritimnya juga dilestarikan dan dikembangkan. Nelayan di Kabupaten Malang memiliki tradisi “Petik Laut”, khususnya  masyarakat pesisir yang tinggal di wilayah pantai Sendang Biru. 

“Tradisi Petik Laut adalah ungkapan rasa syukur kepada Tuhan atas sumber daya ikan yang diberikan. Tradisi ini  dilaksanakan pada tanggal 27 September setiap tahun. Petik Laut  juga sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran akan kelestarian ekosistem laut,” katanya. (Adm)

Baca Juga :  Gelar Seminar PENKEK, SMSI Hadirkan Sandiaga Uno

Editor : Gunardih Eshaya

- Advertisement -
Komentar