Arusani Perintahkan OPD Terkait Data Korban Bencana di Busel

179
Ketgam : Bupati Busel, Arusani saat meninjau lokasi tebing longsor di Kelurahan Jaya Bakti, Kecamatan Sampolawa, Selasa (19/01/2021)

SATULIS.COM, BUTON SELATAN – Bupati Buton Selatan (Busel) H. La Ode Arusani meminta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait agar segera melakukan pendataan korban bencana alam di seluruh wilayah Busel.

Hal itu diungkapkan Arusani saat meninjau lokasi tebing longsor di Kelurahan Jaya Bakti Kecamatan Sampolawa, Selasa (19/01/2021). Ikut mendampingi Ketua Tim Penggerak PKK, Anggota DPRD dan Kepala OPD Lingkup Pemda Buton Selatan,

Cuaca ekstrem La Nina berupa curah hujan yang tinggi, angin kencang dan gelombang besar yang beberapa hari terkahir yang melanda sebagian wilayah termasuk Kabupaten Buton Selatan telah membawa dampak terhadap longsor, banjir dan abrasi terhadap pesisir pantai.

- Advertisement -

Bupati menyampaikan, daerah yang terdampak diseluruh wilayah Buton Selatan, baik itu longsor, banjir, abrasi pantai dan perahu nelayan akibat dari cuaca buruk ini untuk di data oleh OPD terkait guna mendapatkan perhatian dan menjadi bahan analisa selanjutnya, setelah kondisi ini kembali membaik.

Seluruh Masyarakat diharapkan senantiasa waspada dan memperhatikan himbauan dari BMKG guna mengurangi dampak dari kondisi ini. juga mengimbau kepada masyarakat yang bertempat di daerah perbukitan agar waspada akan tanah longsor, untuk daerah yang serapannya kurang agar waspada bencana banjir serta hindari bertempat di bawah pohon karna akan adanya angin kencang.

Berdasarkan analisis terintegrasi dari data BMKG, perlu diwaspadai daerah yang diprediksi berpotensi gelombang laut yang tinggi, khususnya Wilayah Perairan Selatan Sulawesi Tenggara, seperti perairan Selatan Baubau, perairan Buton Selatan dan Utara Wakatobi dan perairan Timur Laut Banda yang masuk kategori akan adanya potensi gelombang tinggi terutama dua, tiga bahkan seminggu kedepan. (Adm)

Komentar
Baca Juga :  55 Peserta Ikuti STQ-H Tingkat Kabupaten Buton Selatan