Peringati Hari Pramuka Ke-60, Kwarcab Buteng Ziarah Makam La Ntau

62

SATULIS.COM, BUTON TENGAH – Selain menggelar upacara seremoni, Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Buton Tengah (Buteng), juga melakukan ziarah ke makam para tokoh Pramuka, salah satunya makam mantan Wakil Bupati Buteng, Kapt.Inf.(Purn) La Ntau.

Ziarah dilakukan usai pelaksanaan upacara yang digelar dihalaman SMP Negeri 3 Buteng, Sabtu(14/08/2021). Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Buton Tengah, H.Kostantinus Bukide SH MSi bertindak sebagai pembina upacara.

- Advertisement -

Ketua Kwartir Buteng, kakak Kostantinus Bukide, membacakan sambutan ketua kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Komjen Pol (Purn) Drs. Budi Weseso. Sama halnya tahun lalu, peringatan Hari Pramuka ke-60 dilaksanakan dalam situasi pandemi Covid-19 yang melanda dunia, termaksud Indonesia.

Pramuka juga terus berbuat dan berupaya membantu penanggulangan pandemi covid-19. Itulah sebabnya, pada peringatan Hari Pramuka ke-60, mengangkat tema “Pramuka Berbakti Tanpa Henti dalam memasuki Adaptasi kebiasaan Baru dengan kedisiplinan dan kepedulian Nasional”.

Peringatan Hari Pramuka tahun ini pula ditandai dengan menetapkan bulan Agustus sebagai bulan Bakti Pramuka, sebagaimana ditetapkan dalam surat keputusan kwartir Nasional No.094 Tahun 2021.

“Semoga pramuka menjadi wadah bagi tunas bangsa dalam membangun jiwa patriotisme dan berkonstribusi bagi kemajuan bangsa,” bebernya.

Dalam rangkaian upacara Hari Pramuka ke-60 kwartir Buton Tengah turut dibacakan lampiran keputusan ketua kwartir daerah gerakan pramuka Sulawesi Tenggara Nomor. 023 Tahun 2021 tentang penganugerahan tanda penghargaan lencana Pancawarsa atas pengabdiannya sebagai anggota dewasa gerakan pramuka selama lima tahun atau kelipatan lima tahun yang tidak pernah terputus, sehingga sangat besar artinya bagi perkembangan pembinaan kepramukaan. (Adm)
[14/8 19.55] Si Kompo: Bupati La Bakry Pimpin Upacara Peringatan Hari Pramuka ke-60

SATULIS.COM, BUTON – Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-60 Gerakan Pramuka Tingkat Kabupaten Buton, Sabtu 14 Agustus 2021 berlangsung khidmat. Bertempat di halaman Eks Kantor Bupati Buton, Pasarwajo, upacara dimulai pukul 08.15 WITA.

Baca Juga :  RSUD Buteng Tolak BPJS Bayi Korban Baby Blues Syndrom.

Peringatan HUT ke-60 Gerakan Pramuka yang bertajuk ‘Pramuka berbakti tanpa henti dalam memasuki adaptasi kebiasaan baru dengan kedisiplinan dan kepedulian nasional Anggota Forkopimda atau yang mewakili, Asisten I, Asisten III, Para Kepala OPD, Pengurus Kwarcab Buton, Ketua Mabigus Se-Kabupaten Buton.

Bupati Buton, Drs. La Bakry, MSi selaku Pembina Upacara ketika menyampaikan sambutan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka mengatakan peringatan hari pramuka adalah wujud dari rasa syukur kita kepada Allah, Tuhan Yang Maha Esa atas nikmat dan berkah persatuan dalam wadah tunggal, gerakan pramuka.

Gerakan pramuka memang bukan organisasi bantuan sosial, namun sebagaimana disebutkan dalam kode kehormatan berupa satya dan darma pramuka, pramuka tetap menunjukkan baktinya membantu mereka yang membutuhkan bantuan.

Sesuai arahan Presiden RI selaku ketua majelis pembimbing nasional gerakan pramuka dalam hari pramuka tahun lalu, agar para pramuka melaksanakan gerakan kedisiplinan nasional dengan mewujudkan perilaku mematuhi protokol kesehatan dan gerakan kepedulian nasional dengan mewujudkan sikap empati dan simpati meolong sesama hidup.

Peringatan hari pramuka tahun ini juga ditandai dengan menetapkan bulan agustus sebagai bulan bakti pramuka, sebagaimana ditetapkan dalam surat keputusan kwartir Nasional No. 094 Tahun 2021.

“Hal ini bukan berarti pada bulan bulan lain pramuka tidak mengadakan kegiatan bakti kepada masyarakat. Namun khusus di bulan Agustus, semua kegiatan bakti tersebut ditingkatkan, dilipatgandakan dan dimafiskan,” kata Ketua Umum Bapera Sultra ini.

Dikatakan Bupati Buton, setelah pandemi Covid19, kwartil nasional gerakan pramuka telah membentuk satuan tugas untuk membantu menanggulangi covid-19. Berbagai hal telah dilakukan, mulai pembagian alat pelindung diri, melaksanakan vaksinasi untuk anggota gerakan pramuka dan lainnya.

“Saya juga mengajak untuk terus berkegiatan kepramukaan, tentunya dengan mematuhi protokol kesehatan. Tetap berkegiatan kepramukaan akan menumbuhkan semangat, meningkatkan imun tubuh kita dan juga penting dalam menjaga kesehatan kita di masa pandemi ini,” katanya.

Baca Juga :  Gubernur Ali Mazi Resmikan Gedung Kesenian Buteng

Bupati Buton juga mengajak untuk tetap semangat, tetap berusaha hidup sehat dengan mematuhi prokes dan tetap berusaha membantu mereka yang memerlukan pertolongan kita. (Adm)

Editor: Gunardih Eshaya

Komentar