Serahkan Bantuan dan Peletakan Batu Pertama KAT, Pj. Bupati Buton Ajak Cegah Stunting

11
Ketgam : Pj Bupatu Buton, Drs Basiran menyerahkan bantuan kepada salah satu penerima manfaat.

SATULIS.COM, BUTON – Pj. Bupati Buton, Drs. Basiran bersama rombongan melakukan lawatan di Kecamatan Lasalimu, Desa Wasuamba dan Talaga Baru. Pj. Bupati Buton didampingi Sekda Buton, Asnawi Jamaluddin, SPd, MSi, dan Kepala OPD terkait pada kesempatan itu memberikan Bantuan Sosial Stimulan dan Peletakan Batu Pertama Balai Sosial Komunitas Adat Terpencil (KAT) dan di Kecamatan Lasalimu, Kamis 20 Oktober 2022.

Pj. Bupati Buton, dalam arahannya menympaikan bantuan ini adalah stimulus melalui Kemensos RI atas persetujuan Presiden RI. Untuk itu penerima bansos dapat memanfaatkan bantuan tersebut dengan sebaik-baiknya.

“Bantuan ini merupakan stimulan atau awal agar masyarakat bisa mengembangkan bantuan tersebut,” katanya.

- Advertisement -

Bantuan tersebut merupakan bantuan pusat yang dikelolah Dinas Sosial yang waktu itu Sekda Buton menjabat Kepala Dinas Sosial Kabupaten Buton. “Terima kasih Pak sekda dan kepada masyarakat, mari kita manfaatkan bantuan ini sebaik-baiknya,” katanya.

Kepala BPKAD Sultra juga menegaskan untuk bersama-sama mencegah dan menurunkan angka stunting di Kabupaten Buton. “Saya mengajak masyarakat untuk bersama-sama menangani stunting. Potensi di desa ini begitu melimpah. Desa Wasuamba dan Talaga Baru ini, terletak di pesisir, dan masyarakatnya kebanyakan nelayan. Untuk itu mari kita manfaatkan ini untuk memenuhi kebutuhan gizi masyarakat,” ajak Pj. Bupati Buton.

“Jangan jual ikan hasil tangkapannya untuk beli Indomie. Ikan memiliki gizi yang tinggi untuk pemenuhan kebutuhan gizi anak. Indomie sekali-sekalilah. Jangan dibalik. Jual ikan untuk beli indomie,” kata Pj. Bupati.

Pj. Bupati juga berharap selain pemenuhan gizi anak sehingga generasi penerus itu tumbuh menjadi generasi rabbani yang kuat dan sehat.

Mantan Kepala Kesbangpol Kaltara ini juga mengajak Kaum Ibu untuk tetap memberikan ASI pada bayi sampai umur 2 tahun. ASI memiliki kandungan gizi yang baik pada bayi.

Baca Juga :  Ratusan Kilogram Bibit Kelapa Sawit Asal Malaysia Dimusnahkan

“Sarana pendidikan untuk generasi kita disini harus diperhatikan. Termasuk Posyandu agar terus digalakkan. Utamanya Posyandu lansia,” bebernya.

“Saya juga mengharapkan perangkat desa agar sebagai ujung tombak pemerintahan di desa mengelola desa dengan baik agar penyelenggaraan di desa bisa harmonis antara kepala desa dengan masyarakat,” katanya.

Pj. Bupati Buton yang didampingi langsung Sekda Buton memberi bantuan pada masyarakat dan melakukan penancapan Tiang Balai Sosial Komunitas Adat Terpencil di Desa Wasumaba, Kecamatan Lasalimu dan melanjutkan kegiatan yang sama di Desa Talaga Baru, Kecamatan Lasalimu.

Para perangkat desa juga Kata Pj. Bupati harus memanfaatkan potensi desa untuk mengembangkan desanya.

“Desa Talaga Baru dan Wasuamba ini bagus dikembangkan sebagai destinasi wisata karena terletak di teluk,” katanya. (Adm)

Komentar
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry